Di Publish Pada Tanggal : Jumat, 27 Maret 2015 19:05 WIB

Ini yang Harus Dihindari Saat Anda Mengalami Diare

Jakarta, HanTer-Kesehatan sangatlah penting sekali bagi semua orang, dengan Anda sehat maka berbagai jenis aktifitas kegiatan bisa Anda selesaikan dengan mudah dan cepat.

Salah satunya adalah kesehatan pencernaan, kesehatan pencernaan juga sangat penting untuk diperhatikan selalu. Pencernaan yang baik pastinya akan membuat Anda mudah untuk menelan berbagai makanan.

Sistem pencernaan sendiri adalah saluran yang menghubungkan Anda dengan berbagai sumber makanan dan jika system pencernaan terganggu maka akan menyebabkan berbagai jenis penyakit. Hal inilah mengapa kita sebaiknya selalu menjaga makanan agar tetap higienis, sehat, bernutrisi dan juga tidak tercemar oleh kuman.

Berbagai sumber makanan yang tercemar oleh kuman akan menyebabkan masalah pencernaan seperti diare. Jika Anda sudah terkena diare, maka tidak ada jalan lain selain mengobatinya.

Untuk itu bagi Anda sudah terlanjur terkan diare maka solusinya hindari beberapa bahan makanan dibawah ini:

1. Hindari kafein
Kafein adalah zat yang terkandung didalam beberapa jenis minuman seperti teh dan kopi. Jika memang Anda menyukai minum teh, pastikan anda memilih teh herbal yang tidak mengandung kafein. Kafein ini perlu dihindari karena memiliki sifat diuretic atau menyerap cairan tubuh. Sehingga kafein akan selalu menyerap cairan tubuh dan mengakibatkan anda dehidrasi yang dapat memperburuk diare.

2. Hindari camilan dengan pemanis buatan
Anda mungkin kekurangan garam dalam tubuh, namun sebaiknya Anda mengurangi atau bahkan menghindari camilan atau snack yang berasa asin. Hal ini dikarenakan kandungan sodium tinggi yang tidak diimbangi dengan nutrisi lain sehingga dapat membuat dehidrasi. Dan dehidrasi juga akan sangat memperburuk diare.

3. Hindari makanan pedas
Siapa yang tidak ingin makan-makanan pedas, berbagai menu makanan kurang lengkap rasanya jika tidak menggunakan sambal atau berasa peda. Namun Anda perlu ketahui banyak seklai kandungan zat didalam cabai yang malah akan memperburuk diare Anda. Sebaiknya Anda makan-makanan yang banyak mengandung serat seperti sayuran dan buah.

Itulah tadi beberapa bahan makanan yang harus Anda hindari ketika Anda mengalami diare, beberapa bahan makanan diatas jika dikonsumsi malah akan menambah diare yang Anda alami. Selalu lakukan pola makan yang baik dan benar serta perbanyak makan-makanan berserat.

Dan Anda harus selalu memastikan bahwa apa yang Anda konsumsi tidak mempengaruhi kesehatan Anda. Banyak sekali bahan makanan lainnya yang juga harus Anda perhatikan sebelum mengonsumsinya.


(Ind)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com