Di Publish Pada Tanggal : Jumat, 06 Mei 2016 22:05 WIB

Total 500 Juta Hadiah Buat Penulis Pariwisata Terbaik di Media

Jakarta, HanTer - Keindahan Pariwisata Indonesia dengan media seperti dua sisi mata uang yang tidak bisa dipisahkan. Semakin gencar promosi maka semakin menarik destinasi Pariwisata daerah tersebut. Nah, untuk menjaga harmonisasi hal tersebut, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) kembali bekerjasama dengan Forum Wartawan Pariwisata (Forwarpar) kembali menggelar Lomba Menulis Wisata Bahari 2016. 
 
Lomba yang diperuntukkan khusus untuk wartawan di seluruh Indonesia ini merebutkan  Piala Menteri Pariwisata “Anugerah Pesona Bahari” dengan total hadiah sebesar Rp 500 juta.
 Ketua Forum Wartawan Pariwisata (Forwarpar) Tri Wibowo mengatakan, Lomba Menulis Wisata Bahari ini menjadi momentum untuk membangkitkan Indonesia sebagai poros maritim dunia, salah satu pilarnya pengembangan wisata bahari. 
 
“Peran serta wartawan menjadi ujung tombak dalam mempromosikan potensi wisata bahari Indonesia, mari kita sama-sama mencintai Pariwisata Indonesia dan terus meningkatkan kedatangan wisatawan dan sama-sama membantu merealisasikan target kementerian Pariwisata,” ujar Tri Wibowo.
 
Lebih lanjut pria berkepala plontos itu mengatakan, secara teknis, peserta diperbolehkan mengirim lebih dari 1 tulisan dengan menyertakan bukti tayang di media masing-masing. Pendaftaran ditutup 1 Agustus 2016, dan pengumuman pemenang lomba pada 20 Agustus 2016. Kata pria yang biasa disapa Bowo itu menambahkan, artikel yang dikirimkan ke dewan juri diwajibkan tayang dulu di media masing-masing, dengan rentang waktu tayang dari 1 Januari 2016 s/d 1 Agustus 2016. ”Nanti artikelnya dikirimkan ke email: lombamenulisbahari@gmail.com,” bebernya.
 
Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenpar Esthy Reko Astuty mengatakan, wisata bahari ditetapkan oleh Kemenpar sebagai salah satu program unggulan dalam pembangunan kepariwisataan nasional yang tahun ini mentargetkan 12 juta kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) dan 260 juta perjalanan wisatawan nusantara (wisnus) di Tanah Air.
 
Esthy Reko Astuty mengatakan, melalui lomba menulis wisata bahari antar wartawan se-Indonesia akan menjadi sarana promosi wisata yang efektif.  “Promosi melalui tulisan ini sangat efektif  untuk mengenalkan potensi wisata bahari Indonesia yang sedemikian besar. Melalui  lomba ini daerah tujuan wisata bahari yang tersebar di seluruh pelosok Tanah Air akan lebih dikenal masyarakat,” kata Esthy dalam jumpa pers di Gedung Sapta Pesona Jakarta.
 
Dikatakan, sisi lain dari kegiatan ini akan memberikan apresiasi kepada para wartawan atas tulisannya dalam mempromosikan wisata bahari (marine tourism). “Sebagai apresiasi terhadap karya tulisan wartawan yang telah mendukung pariwisata Indonesia khususnya wisata bahari, kita perlu memberikan penghargaan,” sambungnya. 


(Hermansyah)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com