Di Publish Pada Tanggal : Senin, 30 Mei 2016 09:09 WIB

4 Cara Jitu Agar Puasa Tetap Fit Hingga Bedug Maghrib

Jakarta, HanTer - Sepekan lagi umat Islam bakal menjalankan ibadah puasa. Nah selama berpuasa berarti menahan lapar dan dahaga mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari. Ini artinya selama sekitar 14 jam tubuh tidak akan mendapatkan asupan makanan. Agar tubuh tetap sehat saat berpuasa, maka penting untuk mengatur pola makan. Berikut tips agar puasa kita tetap fit : 
 
 
1.Konsultasi dengan dokter
Ada baiknya sebelum mulai berpuasa untuk berkonsultasi ke dokter untuk menyakan mengenai pola makan, waktu yang tepat untuk meminum obat atau multivitamin dan juga jenis olahraga yang boleh dilakukan selama berpuasa.
 
2. Makan sahur
Sahur sangat berperan penting untuk menjaga agar badan tetap sehat saat puasa. Makanan yang kita makan saat sahur mempengaruhi stamina tubuh saat berpuasa. Oleh karena itu, konsumsilah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti ubi, jagung, singkong, oatmeal, roti gandum dan nasi merah karena bantu menahan kenyang lebih dari 6 jam. 
 
3. Kurangi makanan berminyak
Makanan berminya akan membuat sel darah merah menggumpal sehingga menyebabkan aliran oksigen menjadi berkurang hingga 20 persen. Akibatnya Anda akan mengantuk pada siang hari. 
 
4.Olahraga ringan 
Terutama dilakukan pada malam hari. Misalnya dengan berjalan kaki selama 15 hingga 20 menit setelah makan malam supaya ada keringat yang keluar dari tubuh.
 
Lakukan empat hal tersebut, semoga bisa bermanfaat dan puasa menjadi lebih enjoy. 


(Romi)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com