Di Publish Pada Tanggal : Minggu, 06 November 2016 17:07 WIB

Gurihnya Sop Tulang Iga Kuah Bening

Jakarta, HanTer - Sop tulang iga menjadi salah satu masakan yang paling digemari para penikmat kuliner. Selain rasanya lezat, tulang iga membuat selera makan makin bertambah. Berikut cara menyajikan sop tulang iga kuah bening nan gurih: 
 
Bahan-bahan :
 
Iga sapi ½ kg, potong-potong
Wortel 2 bh, potong-potong
Kentang 2 bh, potong kotak
Air bersih 1000 cc
Minyak sayur secukupnya
Bumbu-bumbu :
Jahe 1 ruas jari
Kayu manis 3 cm
Kapulaga 3 pcs
Biji pala 1 bh, memarkan
Garam dapur secukupnya
Bumbu halus :
Bawang putih 7 pcs
Bawang merah 4 pcs
Bahan pelengkap :
Bawang daun, iris-iris kecil
Seledri, iris halus
Bawang merah goreng secukupnya
 
 Cara membuat : 
 
Untuk membuat sop iga sapi langkah pertama yang dapat anda lakukan adalah merebus iga sapi yang sudah dipotong-potong agar teksturnya terasa empuk saat dikunyah nanti. Proses perebusan ini berlangsung sekitar 90 menit lamanya. Suapay lebih sedap, air yang digunakan unuk merebus iga juga dapat dicampurkan dengan bahan bumbu.
 
Berikutnya siapkan bumbu-bumbu yang telah disiapkan untuk dihaluskan berupa bawang merah dan bawang putih lalu masak hingga tercium aroma sedap. Setelah itu campurkan dengan air rebusan iga, aduk merata.
 
Kemudian tambahkan embali rebusan ige dengan kentang dan wortel segar yang sudah dipotong-potong dan biarkan matang. Proses ini berlangsung kurang lebih 15 menit lamanya.
 
Setelah matang, angkat dan tuangkan ke dalam mangkuk saji untuk selanjutnya dihidangkan dengan menambahkan irisan bawang daun dan cincangan seledri sebagai taburan. Selamat menyantap! 


(Romi)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com