Di Publish Pada Tanggal : Sabtu, 28 Januari 2017 22:25 WIB

Tips Berbelanja Pakaian di Blok B Tanah Abang

Jakarta, HanTer - Dihuni lebih dari 4.000 pedagang Usaha Kecil Menengah (UKM) dan dikunjungi 60.000-200.000 orang/hari, Trade Mall (TM)  Blok B Tanah Abang, Jakarta Pusat, menjadi salah satu blok paling ramai di pusat perdagangan grosir pakaian.

Trade Mall yang dikelola oleh PT Priamanaya Kelola, anak usaha dari PT Agung Podomoro Land Tbk (APLN) ini disukai oleh para pengunjung karena dikenal bersih, nyaman, ber-AC, dan aman. Para pedagang pun mengaku senang dan dapat untung besar berjualan di blok ini. 

Berikut ini 10 tips berbelanja pakaian di Trade Mall (TM)  Blok B Tanah Abang, agar nyaman, tidak mudah tersesat, dan efektif berbelanja sesuai tujuan.

1. Pilih waktu belanja yang tepat. Trade Mall Blok B Tanah Abang sangat ramai di libur akhir pekan. Selain itu, sekitar 1 – 2 bulan sebelum Ramadhan hingga Hari Raya Idul Fitri, ribuan pedagang dari daerah-daerah datang kesini untuk berbelanja, sehingga sangat ramai. Hari kerja (Senin – Jumat), dan pagi (pukul 08.00 – 12.00) adalah waktu yang relatif belum ramai.

2. Buatlah daftar barang yang hendak dibeli sebelum datang. Ini agar Anda tidak mudah tergiur. Ada ribuan pilihan barang bagus dan murah yang dipajang disini, sehingga seringkali membuat pembeli jadi kehilangan fokus. Berencana membeli barang A, ehh malah beli B yang nampak  juga menarik. Susun prioritas dalam daftar belanjaan.

3. Ingat, ini adalah pusat perdagangan grosir. Pembelian dalam jumlah besar akan mendapatkan harga yang semakin murah. Bahkan, bisa lebih 50% dari harga pasar. Pembelian eceran, juga dilayani. Namun, biasanya harganya lebih mahal daripada harga grosir. Banyak barang yang dijual minimal 3 buah. Jadi kalau beli satu sekitar Rp 35 ribu, maka beli 3 pasang sekaligus harganya menjadi Rp 100 ribu. Pembelian biasanya juga bisa setelah lusin (6 buah), atau satu kodi (berisi 20 satuan barang)

4. Bawa uang tunai. Sebagian besar pedagang di Blok B adalah pedagang tradisional yang lebih suka pembayaran dengan cash daripada dengan transfer bank, atau melalui kartu kredit. Di dalam trade mall tersedia banyak ATM dari berbagai bank.

5. Jangan lupa menawar. Para pedagang di Blok B sudah terbiasa dengan transaksi yang sebelumnya dimulai dari tawar-menawar barang. Tetapi yang sopan ya, jangan menawar barang terlalu kecil. Dan iIngat selalu, kualitas barang juga sangat ditentukan dari harga. Meski harga bukan penentu utama. Pastikan bahwa budget belanjamu telah sesuai dengan rencana.

6. Pakai pakaian yang nyaman selama belanja, sebaiknya memakai sepatu olahraga. Sebaiknya jangan membawa anak kecil, karena akan merepotkan.

7. Ada banyak perusahaan ekspedisi menawarkan jasa di lantai atas dan lantai basement TM Blok B Tanah Abang. Manfaatkan jasa ekspedisi untuk membawa dan mengirimkan hasil belanjaan ke daerah asal. Lebih murah dan lebih praktis.

8. Jalinlah kontak yang baik dengan pedagang grosir. Hal ini akan berguna jika barang yang dibeli kurang sesuai, bisa ditukarkan lagi. Atau, pembelian ke tahap selanjutnya bisa dilakukan melalui pemesanan dari jauh, karena sudah ada kepercayaan dan networking. Ingat, TM Blok B di Pasar Tanah Abang bisa bertahun hingga ratusan tahun, karena adanya ikatan yang kuat antara pedagang dengan pembeli menjadi langganan tetap.

9. TM Blok B Tanah Abang dapat ditempuh dari berbagai penjuru di Jakarta. Tersedia sarana transportasi umum yang mudah dan murah menuju Tanah Abang. Datang dengan kendaraan umum lebih praktis dan mudah daripada membawa kendaraan sendiri yang sangat beresiko terjebak dalam kemacetan yang parah di sekitar pasar.

10. Meski secara umum aman dan jauh dari aksi kriminal. Sebaiknya tetap hati-hati dari kemungkinan pencopetan. Lindungi barangmu dengan baik selama berbelanja disini.

 


(Safari)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com