Di Publish Pada Tanggal : Senin, 06 Februari 2017 19:34 WIB

Turis Timur Tengah Gemar Berbelanja di TM Mangga Dua Square

Jakarta, HanTer - Penjual batik tradisional Indonesia dan kerajinan kayu Gaharu di TM Mangga Dua Square, Mangga Dua, Jakarta Utara menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan asing khususnya yang datang dari negara-negara Timur Tengah.

Salah seorang wisatawan asal Arab Saudi, Radi (28) mengatakan, dirinya sengaja datang ke Indonesia dan menginap di Hotel Novotel yang berada di TM Mangga Dua Square hanya untuk membeli batik tradisional dan kerajinan kayu Gaharu.

"Saya menginap disini karena dekat Ancol dan banyak pilihan hotel, serta mudah untuk shopping fashion atau kayu Gaharu," kata dia saat ditemui di TM Mangga Dua Square, Senin (5/2/2017).

Sementara itu, AVP Marketing TM Agung Podomoro, Ho Mely Surjani mengungkapkan di TM Mangga Dua Square memang sengaja dikhususkan untuk penjual batik tradisional Indonesia dan kerajinan kayu Gaharu. Hal tersebut yang menjadi daya pikat wisatawan asing, khususnya yang berasal dari Timur Tengah.

"Keunggulan TM Mangga Dua Square memang ada hotel bintang 4 dan bintang 3, wisatawan juga suka kesini karena kami juga pusat batik di Jakarta Utara, serta Kayu Gaharu-nya sudah dikenal ke mancanegara. Kami berharap, keberadaan TM Mangga Dua Square bisa meningkatkan kenyamanan belanja dan tinggal di Indonesia," ungkapnya.

Hal senada juga dikatakan oleh pemilik toko KAF Pratama Indonesia Abdul Kadir. Dia mengungkapkan, kiosnya menjual aneka macam Kayu Gaharu berkualitas tinggi, yang didapatkan dari Kalimantan, Papua, Maluku, dan hutan Sumatera.

"Harganya cukup mahal, ada yang Rp 1 juta – Rp 4 juta per kilonya, tergantung kualitasnya," jelasnya.

Abdul mengakui, wisatawan yang kerap berbelanja di tokonya berasal dari wisatawan timur tengah. "Mereka membeli dari 1 kilogram, hingga kuintalan," pungkas Abdul.

Sebagai informasi, Kawasan TM Mangga Dua Square, memang terkenal dengan toko penjual batik dan kayu Gaharu di Jakarta Utara. Selain toko KAF Pratama Indonesia, terdapat toko lain yang menjual hal serupa, diantaranya toko Aidan Salman Group di Lantai LG Blok B, dan Golden Dragon di Lantai UG Blok A. Selain itu, banyak kios Kayu Gaharu lain yang tidak bernama.
 


(Danial)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com