Di Publish Pada Tanggal : Selasa, 14 Maret 2017 17:25 WIB

Bintan Resort dan Sriwijaya Air Fokus Kembangkan Program Pariwisata Nasional

Jakarta, HanTer - Dalam rangka mendukung program Pariwisata Pemerintah Indonesia, Bintan Resorts, melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding) dengan Sriwijaya Air Group, Selasa (14/3/2017).

Dalam nota kesepahaman itu, Bintan Resorts dan Sriwijaya Air Group (SAG) sepakat untuk melakukan sinergi dalam rangka mendukung program dan target sektor pariwisata Pemerintah RI tahun 2020, dimana industri pariwisata diharapkan menjadi penyumbang devisa terbesar.

"Bintan Resorts dan SAG sepakat untuk melakukan inisasi konkrit bagi pembangunan sektor pariwisata Indonesia sebagai bentuk peran serta aktif pihak swasta nasional bagi pembangunan nasional pada umumnya dan pembangunan industri pariwisata pada khususnya," kata Wakil Presiden Direktur PT Bintan Resort Cakrawala, Frans Gunara usai melakukan penandatanganan nota kesepahaman tersebut.

Menurutnya, sebagai langkah strategis di tahap awal kerjasama ini, BINTAN RESORTS dan SAG sepakat untuk mempersiapkan berbagai kegiatan antara lain, melakukan kegiatan kerjasama promosi dan pemasaran bersama, termasuk menjajaki implementasi multiple destinations concept antara Bintan – Jogjakarta – Bali – Manado dan berbagai destinasi wisata lainnya.

Bintan Resort dengan didukung oleh perusahaan induknya Gallant Venture Group juga akan memperkuat infrastruktur dan aksesibilitas ke dan dari Bintan Resorts sebagai salah satu gerbang sekaligus destinasi pariwisata internasional Indonesia, termasuk pengembangan hotel dan fasilitas pendukungnya, wahana atraksi,  jaringan utilitas listrik dan air, pelabuhan dan marina, serta  bandara.

Sementara Sriwijaya Air akan memperkuat kapabilitas dan kapasitas layanan penerbangan pariwisata internasional, termasuk pengembangan rute domestik dan internasional baru, serta pengadaan armada pesawat wide-body – long-range.  

Untuk selanjutnya, kedua belah pihak sepakat untuk mempersiapkan berbagai kegiatan seperti, pengembangan infrastruktur dan fasilitas bandara Bintan sebagai bagian dari upaya mendukung potensi dan posisi Bintan Resorts sebagai destinasi pariwisata internasional Indonesia, sekaligus sebagai salah satu gerbang masuk ke dan dari berbagai destinasi lainnya di seluruh Nusantara.

Sedangkan Sriwijaya Air menjajaki kemungkinan pemanfaatan infrastruktur dan fasilitas bandara Bintan dimaksud sebagai salah satu fleet home base dan airline hub Sriwijaya Air guna mendukung kegiatan operasional, khususnya bagi armada pesawat yang melayani rute penerbangan internasional.

Frans Gunara, juga mengatakan, Bintan Resorts saat ini tengah mengadakan peningkatan kapasitas kamar hotel dari 1.700 kamar menjadi 7.000 kamar pada tahun 2020. Hal tersebut memiliki potensi besar untuk memberikan kontribusi yang signifikan dalam  pencapaian target nasional kunjungan 20.000.000 wisatawan mancanegara pertahun pada tahun 2019, dimana untuk kawasan Batam dan Bintan, Pemerintah mematok target sebesar 24% dari target nasional atau 4.800.000 wisatawan mancanegara per tahun.

"Untuk mencapai target tersebut diperlukan penambahan aksesbilitas ke kawasan Bintan Resorts, selain melalui moda transportasi laut dan darat, diharapkan adanya moda transportasi udara yang dapat dilakukan melalui penerbangan langsung dari mancanegara ke Bintan. Untuk itu, PT Bintan Resort Cakrawala melalui salah satu sister company PT Bintan Aviation Investments tengah mempersiapkan pembangunan bandara di Bintan dengan pendanaan sendiri," ujarnya.

Sementara Menurut Chandra Lie, President & CEO Sriwijaya Air Group, pihaknya sangat menyambut baik ide dan pandangan ke depan Bintan Resort untuk memajukan pariwisata Indonesia melalui berbagai media, di antaranya melalui kerjasama dengan Sriwijaya Group untuk pengembangan infrastruktur kebandarudaraan, pusat perawatan pesawat dan pengembangan destinasi wisata.

"Semoga dengan konsep yang dimiliki GVG dapat berjalan dengan baik dan lancar, kami pun siap untuk menjadi partner penerbangan dan partner pusat perawatan pesawat di Bintan,” ucapnya.


(Akbar)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com