Di Publish Pada Tanggal : Kamis, 16 Maret 2017 21:36 WIB

Launching Kalender Event Riau 2017, Menpar: Pastikan Kegiatan Berjalan Sesuai Schedule

Jakarta, HanTer – Menteri Pariwisata (Menpar), Arief Yahya meluncurkan Calender of Event (CoE) Riau 2017 dengan tagline “Menyapa Dunia” di Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata, Jakarta, Kamis (16/3/2017). Dalam CoE itu, terdapat tiga even utama, yakni Festival Bekudo Bono, Bakar Tongkang, dan Pacu Jalur.

Festival Bekudo Bono sendiri akan berlangsung di Kecamatan Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan pada 13-16 Maret 2017, dengan kegiatan mengarungi gelombang Bono dengan menggunakan sampan kayu. Sementara, Bakar Tongkang akan berlangsung di Bagansiapiapi, Kabupapten Rokan Hilir pada 10-11 Juni 2017. Selanjutnya, Festival Pacu Jalur akan berlangsung pada 23-26 Agustur 2017 di Kabupaten Kuantan Sengingi.

"Pastikan semua kalender kegiatan itu berjalan sesuai schedule-nya, karena akan menjadi patokan timeline nya oleh para travelers (wisatawan). Jangan sampai berubah tanggal, apalagi bulan dan tahun," pesan Menpar Arief, dalam sambutannya.

Arief menuturkan, setiap travellers selalu membuat planning atau rencana sejak jauh hari. Jika agenda acara mengalami perubahan mendadak, kata dia, tentu akan mengecewakan dan membuat para travellers kerepotan.

“Masing-masing negara punya kebiasaan season yang berbeda-beda. Mereka akan searching, booking, sampai payment via online. Anda bisa bayangkan, kalau berubah tanggal, mereka akan sangat kerepotan," kata mantan Dirut PT Telkom tersebut.

Sementara itu, Gubernur Riau Arsyadjuliandi (Andi) Rachman mengaku optimistis Festival Bekudo Bono, Bakar Tongkang, dan Pacu Jalur akan menjadi magnet untuk meningkatkan kunjungan wisatawan sekaligus mempromosikan Riau sebagai destinasi pariwisata ungulan yang berbasis budaya Melayu secara intens dan lebih fokus.

Khusus untuk Festival Bekudo Bono, kata dia, Pemprov Riau akan menjadikannya daya tarik utama. Sebab, Bono yang merupakan fenomena alam berupa gelombang sungai di Kuala Kampar, Pelalawan ini, dinilai para surfer dunia sebagai gelombang sungai terbaik di dunia. Selain event  Bakar Tongkang dan Pacu Jaluar yang sudah dikenal ke mancaranegara. 

“Kita berharap ketika Bono sudah kuat, maka ia akan menjadi pintu masuk dalam memperkenalkan objek lain, termasuk pariwisata berbasis budaya sampai kuliner,” kata Andi Rachman.

Sebagai informasi, acara Launching Calender of  Event  Riau 2017 itu sendiri dimeriahkan dengan pertujukan kesenian dan tari tradisional Riau serta penampilan violislinist Mayla Faiza. 


(Arbi)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com