Di Publish Pada Tanggal : Selasa, 30 Mei 2017 20:51 WIB

Mie Instan Produk Paling Sering Dipilih Konsumen Dunia

Jakarta,  HanTer  - Kantar Worldpanel melakukan penelitian untuk merek Fast Moving Consumer Goods (FMCG) dengan 5.700 sampel rumah tangga dan merepresentasikan 28 juta atau 85 persen dari total rumah tangga dikawasan urban Indonesia, hasilnya adalah mie instan menempati posisi top 3 sebagai produk pilihan rumah tangga Indonesia. Indomie menempati posisi pertama dan Mie Sedaap menempati posisi ketiga. 
 
Penelitian Kantar Worldpanel yang dinamakan Brand Footprint menggunakan metriks Consumer Reach Point (CRP) yaitu seberapa banyak rumah tangga membeli sebuah merek (penetrasi) dan seberapa sering merek tersebut dibeli oleh konsumen (frekuensi). Penelitian ini juga mengungkapkan bahwa setidaknya hampir semua penduduk Indonesia pernah membeli mie instan merek Indomie yakni rata-rata 3-4 kali dalam sebulan selama 2016.
 
"Indomie juga mempertahankan posisi teratas dalam survei yang sama di tahun lalu. Tak hanya di Indonesia, merek Indomie juga menempati posisi ke 8 merek paling banyak dipilih di seluruh dunia," kata New Business Development Director Kantar Worldpanel Indonesia, Fanny Murhayati di Jakarta, Selasa (30/5/2017).
 
Menurut Fanny, Indomie juga memiliki pangsa pasar di beberapa negara di dunia seperti Nigeria, Ghana, Malaysia, Timur Tengah, Turki dan Amerika Serikat. Selain Indomie, merek mie instan yang juga memperoleh salah satu posisi teratas dalam ranking Brand Footprint adalah Mie Sedaap, yaitu pada ranking ke-3. Apalagi mie Instan merupakan salah satu jenis makanan yang tidak pernah luput dari kehidupan masyarakat di Indonesia.
 
Lebih lanjut Fanny Murhayati mengatakan, Brand Footprint ini dapat memberikan beberapa manfaat bagi para pelaku di industri FMCG, seperti dapat melihat kelebihan dan kelemahan dari suatu merek dan juga untuk membandingkan performa suatu merek dengan merek pesaingnya. 
 
"Hal ini dapat membantu para pemain FMCG untuk merancang strategi yang tepat di dalam meningkatkan performa produk atau merek," jelasnya saat pemaparan survei brand footprint di Jakarta, Selasa (30/5). Ia juga memberikan gambaran bahwa disamping meningkatkan jumlah konsumen, membuat konsumen membeli dengan lebih sering juga tidak kalah penting untuk meningkatkan penjualan. 
 
Tak hanya di Indonesia, Kantar Worldpanel juga menerapkan survei yang sama di dunia. Dari seluruh merek fast moving consumer goods (FMCG), Coca Cola merupakan merek yang paling sering dipilih oleh konsumen di dunia. Setidaknya 42% dari seluruh rumah tangga di dunia pernah membeli merek Coca Cola sekitar 13 kali dalam kurun satu tahun terakhir. Coca Cola juga berada pada posisi teratas dari daftar merek yang paling banyak dipilih di total 9 negara, termasuk Amerika Serikat, Brazil, Mexico, dan Turki. 


(Safari)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com