Di Publish Pada Tanggal : Rabu, 06 September 2017 18:51 WIB

ISDA 2017 Siap Digelar Guna Tercapainya SDGs di Indonesia

Jakarta, HanTer - Corporate Forum for Community Development (CFCD) kembali menyelenggarakan Indonesian Sustainable Development Goals (SDGs) Awards (ISDA) 2017. Kegiatan tersebut sebagai tindak lanjut MDGs to SDGs yang telah diselenggarakan CFCD sejak tahun 2010 sampai dengan 2015. 
 
Indonesian SDGs Award telah mendapatkan Hak Cipta dari Kementerian Hukum dan HAM, dan untuk tahun 2017 ini mengambil tema “Prepare MDGs to SDGs”. Penganugerahan diberikan kepada dunia usaha dan institusi yang sudah menjalankan best practice yang mendukung tercapainya SDGs di Indonesia. 
 
Ketua Komite CSR (Corporate Social Responsibility) Ir. Thendri Supriatno, MBA mengatakan, dari tahun ke tahun pelaksanaan Indonesian SDGs Awards terus diperbaiki untuk mencari perusahaan yang berkontribusi baik dalam menyalurkan dana CSR bagi kemajuan lingkungan sekitar. 
 
Saat ini terdapat lebih dari 125 program yang didaftarkan oleh 43 perusahaan dari berbagai Sektor Pertambangan dan Energi, Industri dan Manufaktur, Jasa, dan Institusi untuk mendapatkan penganugerahan Indonesian SDGs Award (ISDA) 2017. 
 
Selain itu terdapat 16 kategori perseorangan yang mendaftar dari tingkat Manajemen, Lapangan dan Pelaku Mitra untuk mendapatkan penganugerahan Indonesian SDGs Award sebagai pelaku/aktor yang turut berkontribusi dalam pencapaian SDGs.
 
"Kegiatan semacam ini akan diselenggarakan setiap tahun dengan harapan dapat memotivasi berbagai pihak terutama dunia usaha dan institusi agar dalam menjalankan aktivitas bisnisnya terutama yang terkait dengan program CSR mengacu dan dapat diarahkan kepada pencapaian SDGs," kata Ir Thendri Supriatno di Jakarta, Rabu (6/9/2017).
 
Lebih lanjut Thendri mengatakan, SDGs juga dapat dipergunakan oleh pemerintah sebagai bahan pelaporan kepada United Nation/PBB dalam kontribusi Indonesia dalam pencapaian SDGs/Global Goals. Apalagi di Indonesia SDGs sudah ada Peraturan Presidennya tepatnya PerPres No 59 tahun 2017 tentang Pelaksanaan Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). 
 
Sebagai sarana sosialisasi Keputusan Presiden, sambung Thendri, CFCD juga bersama-sama dengan pemerintahan terkait memprakarsai adanya Indonesian SDGs Corporate Summit. 
 
Acara tersebut akan dilaksanakan pada tanggal 14 September 2017 mendatang dengan menghadirkan beberapa narasumber baik dari kalangan pemerintah, dunia usaha, institusi, akademisi dan praktisi. 
 
"Dilanjutkan pada tanggal tersebut Malam Anugerah Indonesian SDGs Award (ISDA) 2017 di Smesco Convention Hall Jakarta," paparnya. 
 
Indonesia SDG’s Award dan Indonesia SDGs Corporate Summit 2017 MDGs (millennium development goals)  merupakan kesepekatan kepala negara dan perwakilan Negara dari 189 negara yang tergabung dalam Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) yang dijalankan mulai September tahun 2000 dan berakhir pada tahun 2015 kemarin.
 
MGDs diadopsi oleh 189 negara serta ditandatangani oleh 147 kepala pemerintahan dan kepala Negara pada saat Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Milenium di New York pada bulan September 2000 tersebut dan Indonesia merupakan salah Negara yang ikut serta dalam mendeklarasikan tujuan MDGs.
 
Sekarang MDGs telah selesai berakhir. Sejak tahun 2013 telah di buat kerangka baru untuk menggantikan MDGs yang disebut dengan SDGs (Sustainable Development Goals). SDGs ditetapkan oleh PBB pada akhir September 2015 di New York dengan masa berlaku mulai Januari 2016 hingga Desember 2030.
 
Ada sekitar 193 negara anggota PBB yang berkomitmen untuk melaksanakan SDGs termasuk Indonesia salah satunya.


(Safari)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com