Di Publish Pada Tanggal : Sabtu, 21 Oktober 2017 19:11 WIB

Wow, Sabet Rekor MURI Sajian Blekutak Goreng 9000 Besek

Pekalongan, HanTer - Kali ini ratusan nelayan yang tergabung salam Komunitas Nelayan TPI Jambean melaksanakan kegiatan unik di perairan TPI Jambean, Kecamatan Wonokerto, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, Rabu (18/10/2017).
 
Salah satu pengurus komunitas nelayan TPI Jambean, Imanudin, mengatakan, kegiatan tersebut merupakan kegiatan rutin yang dilakukan para nelayan.
 
Sebanyak 140 perahu dan 400an nelayan yang tergabung dalam komunitas tersebut memulai prosesi sedekah laut dengan kegiatan bersih bersih kapal.  "Pokoknya kami bersih kapal dulu, pengecekan yang rusak, " kata Imanudin.
 
Direktur Zigma Communication, selaku penyelenggaran kegiatan di perairan TPI Jambean M Deni Arifianto mengatakan selain lomba dayung dan wayang, pihaknya juga menggelar pemecahan rekor MURI yang didukung oleh Sampoerna Hijau ini berupa penyajian nasi megono dan blakutak terbanyak yang diberikan kepada masyarakat setempat.
 
Total 9 ribu besek nasi megono dan blakutak ditempatkan dalam wadah anyaman daun yang dibagikan kepada seluruh peserta dan pengunjung. "Intinya kegiatan ini sebagai bentuk apresiasi terhadap masyarakat Jambean yang masih mempertahankan budaya leluhur. Yang menginisiasi dari Komunitas Nelayan TPI Jambean didukung oleh Sampoerna Hijau," kata Deni.
 
Menurut sejarawan, JJ Rizal, masyarakat Jambean sangan kental budaya komunal atau budaya kebersamaan.
 
Bahkan pria yang selalu bertopi bulat ini menegaskan masyarakat Jambean merupakan tonggak budaya komunal di Kabupaten Pekalongan. "Budaya komunal itu bicara kebersamaan. Budaya ini identik dengan orang laut, saat orang laut berpindah ke agraris, budaya komunal ini tetap dipertahankan," katanya. 
 


(Romi)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com