Di Publish Pada Tanggal : Senin, 23 Oktober 2017 07:17 WIB

Lezatnya Empek-Empek Cumi Khas Palembang

Jakarta, HanTer - Bagi penyuka makanan khas Pelembang, empek-empek terasa lezat menggoda. Rasanya yang gurih dan menyegarkan membuat pecinta kuliner sekali makan langsung ketagihan. Dikutip dari Resepnasional, berikut cara menyajikan empek-empek cumi-cumi khas Palembang:
Bahan-bahan: 
 
Cumi segar sebanyak 500 gram
Sagu/tapioka sebanyak 500 gram
Garam halus sebanyak 1 sdm
Penyedap rasa secukupnya
Telur ayam sebanyak 1 butir
Secukupnya air bersih secukupnya
 
Kuah cuka :
 
Bawang putih sebanyak 3 siung
Cabai keriting sebanyak 6 buah
Cabai rawit sebanyak 3 buah
Tauco asin sebanyak 3 sdm
 garam halus secukupnya
 gula pasir secukupnya
Cuka putih secukupnya
Air bersih secukupnya
 
Cara membuat:
 
Langkah awal, kita siapkan terlebih dahulu cumi-cuminya. Pisahkan antara bagian kepala dan badan cumi lantas buang tulang plastik serta tinta hitam yang ada di bagian badan cumi.  Cuci bersih hingga daging cumi benar0benar bersih dan bebas dari kotoran serta tinta, kemudian tiriskan.
 
Haluskan cumi menggunakan blender atau chooper sampai daging cumi halus dan lembut. Anda tidak perlu menambahkan air karena nantinya cumi akan mengeluarkan air.  Jika sudah halus dan lembut, letakan daging cumi tersebut ke dalam wadah bersih.
 
Tuangkan tepung sagu ke dalam wadah cumi giling sedikit demi sedikit sambil terus diaduk-aduk. Pastikan anda mengaduk cumi dan tepung dengan benar agar hasil adonan menjadi rata dan menyatu.
 
Tuangkan air sedikit emi sedikit sambil tangan terus mengulemi adonan. Aduk semua bahan tersebut sampai tercipta adonan yang kalis atau tidak lengket di tangan.  Pastikan juga agar adonan pempek tidak terlalu keras arena nantinya tekstur pempek tidak akan empuk.
 
Jangan lupa untuk memanaskan dandang atau kukusan dengan menggunakan api sedang sampai air yang ada di dalamnya mendidih.
 
Bagi adonan pempek cumi dalam beberapa bagian kemudian bentuk bulat memanjang. Lakukan sampai semua adonan habsi kemudian kukus hingga adonan matang dan mengeras, matikan api lalu diinginkan.  Potong-potong pempek cumi lalu goreng di atas minyak panas hingga kering dan berkulit kemudian angkat.
 
Untuk membuat cuka, anda hanya perlu menghaluskan cabai keriting, cabai rawit seta bawang putih.
Didihkan air lantas masukan bumbu halus serta bahan-bahan lain ke dalam panci. Masak terus sampai air mendidih, jangan lupa cicipi rasanya agar sesuai dengan selera, jika sudah siap matikan api dan diinginkan.  Sajikan pempek cumi dengan kuah cuka sebagai cemilan. Selamat menyantap! 


(Romi)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com