Di Publish Pada Tanggal : Selasa, 28 November 2017 21:16 WIB

27 Perusahaan Ikut Indonesia CSR Award yang Digelar CFCD

Jakarta, HanTer  - Corporate Forum for Community Development (CFCD) menggelar Konferensi Nasional 2017. Dalam Konferensi tersebut, CFCD juga melakukan Indonesia CSR Award 2017. Penghargaan Indonesia CSR Award ini merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan tiga tahun sekali bekerja sama dengan lembaga/kementerian terkait. Pada penyelenggaraan tahun 2017 ini CFCD bekerja sama dengan BSN (Badan Standardisasi Nasional) sebuah lembaga yang berada dibawah Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

Kerja sama dengan BSN dilakukan karena kegiatan kali ini mengusung kegiatan CSR perusahaan yang berbasis ISO 26000;2013. Kegiatan yang berlangsung dari tanggal 28-30 November 2017 ini merupakan kegiatan kelima yang diselengarakan oleh CFCD semenjak tahun 2005. Rangkaian kegiatan Indonesia CSR Award 2017 antara lain terdiri dari Konferensi Nasional CFCD Kelima, expo dan penganugerahan Indonesia CSR Award.

Konferensi Nasional merupakan ajang pergantian pengurus CFCD sekaligus juga sebagai upaya untuk memperkaya khazanah pengetahuan tentang CSR baik yang berlaku di Indonesia maupun Internasional serta ajang reuni anggota CFCD yang saat ini anggotanya sudah mencapai lebih dari 300 perusahaan.

"Pemilihan perusahaan terbaik dari tahun ke tahun, kategori penilaiannya terus diperbaiki. Kami tidak main-main, perusahaan terbaik akan terpilih melalui prosedur penilaian yang sangat ketat dari beberapa tim penilai," kata Ketua komite CSR, Thendri Supriatno, Selasa (28/11/2017).

Expo merupakan ajang untuk memperkenalkan produk-produk dampingan Program CSR sekaligus ajang berbagi program CSR yang sudah dilakukan oleh perusahaan. Sementara penganugerahan Indonesia CSR Award merupakan bentuk penghargaan kepada perusahaan yang sudah melakukan Program CSR berbasis ISO 26000, Penghargaan juga diberikan untuk tingkat CEO, manajemen, lapangan dan pelaku mitra.

Saat ini konferensi nasional CFCD kelima kepesertaan terbatas maksimal hanya 250 orang. Hal ini disesuaikan dengan daya tampung optimal ruangan. Mereka yang diundang terdiri dari perusahaan anggota CFCD, perusahaan non anggota CFCD, CFCD Chapter, LSM/Yayasan, dan pengamat/perguruan tinggi.

Konferensi Nasional CFCD Kelima dibuka oleh Menteri Riset, Reknologi dan Pendidikan Tinggi bersama dengan Kepala BSN. Selain itu ditampilkan juga materi tentang Tindak Lanjut Deklarasi Kampong CSR to SDGs, dalam mensinergiskan program berbasis Rencana Aksi Nasional dan Rencana Aksi Daerah yang akan diisi oleh Kementerian BPN/Bappenas.

Materi lainnya yang akan dibawakan adalah sudut pandang CSR Best Practice Perusahaan dari PT. Astra Internasional Tbk, PT. Asian Agri Group dan PT. Sinar Mas serta beberapa perusahaan penerima anugerah platinum ICA 2017.

Acara Konfrensi Nasional CFCD Kelima ditutup dengan Kunjungan ke DPR RI untul sharing terkait beberapa kebijakan yang berhubungan dengan CSR Perusahaan. Sementara itu kegiatan expo lebih didominasi oleh perusahan pertambangan seperti PT. Adaro, PT. Kaltim Prima Coal, PT. Aneka Tambang, PT. Agin Court, PT. Kideco Jaya Agung, dan PT. Inalum.

Namun beberapa perusahaan perkebunan dan industri seperti PT. Inti Indosawit Subur-Asian Agri, PT. Sinar Mas dan PT. Semen Padang juga turut serta dalam ajang expo ini.

Selain itu juga ada perusahaan yang bergerak dalam bidang Energi yaitu PLN dan Lembaga Mitra seperti LPMAK-Papua. Kegiatan Penganugrahan Indonesia CSR Award diikuti oleh 27 perusahaan terdiri dari 13 perusahaan tambang dan energi, 12 perusahaan Industri dan Manufacturing, 1 Perusahaan bidang Pertanian dan Agroindustri, serta 1 Perusahaan Jasa.

Mereka mengajukan program dengan total 96 program yang terdiri dari 44 program di perusahaan kategori tambang dan energi, 1 program di perusahaan kategori pertanian dan agroindustry, 33 program di perusahaan kategori industri dan manufacturing, serta 8 program di Perusahaan yang terkategori Jasa. Selain itu kegiatan ini juga diikuti oleh kategori perorangan dengan jumlah 12 pelaku terdiri dari tingkat CEO 3 orang, tingkat manajemen 4 orang, tingkat lapangan 2 orang dan tingkat pelaku mitra 2 orang.

Penghargaan yang diberikan untuk program terdapat 4 kategori yaitu platinum, gold, silver dan apresiasi. Berbeda dengan penghargaan lainnya, pemberian penghargaan dalan Indonesia CSR Award dipertandingkan antara perusahaan yang sejenis dengan program dan sub program sejenis yang diusulkan, sehingga hanya akan ada 1 Platinum, 2 gold dan 3 silver untuk perusahaan, program dan subprogram yang sama. Sedangkan untuk kategori perorangan dibagi menjadi Terbaik 1, Terbaik 2 dan Terbaik 3.


(Safari)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com