Di Publish Pada Tanggal : Minggu, 17 Desember 2017 20:31 WIB

Kebiasaan Unik Ros Ellyana Prasetyo, Hobi Koleksi Tenun Berbagai Kota di Indonesia

Jakarta, HanTer – Sosok Ros Ellyana Prasetyo sebagai Ketua  Umum Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) Kejaksaan Agung  dikenal sebagai pecinta dan pelestari kain tenun dan songket.  
 
“Memang saya punya beberapa kain tenun. Karena pernah tinggal di NTT, maka ada koleksi tenun dari NTT, songket dari Padang dan Palembang,” katanya, dikawasan Ragunan Jakarta Selatan, baru-baru ini. 
 
Diakuinya, kecintaan terhadap tenun sudah lama, makanya ia berupaya menularkannya kepada lingkungan terdekatnya di lingkungan (IAD).  Tak heran, di tengah Rapat Kerja Nasional  IAD dari 10 -14 Desember 2017, yang dihadiri lebih dari 100 anggota IAD, baik yang datang dari pusat dan daerah , ia berinisiatif menggelar Panggung Budaya  yang dilaksanakan  di Gedung Badiklat  Kejaksaan di Ragunan Jakarta Selatan. 
 
“Intinya ini  sebuah bentuk kepedulian kepada wastra nusantara sekaligus cinta budaya dan tradisi Indonesia. Acara ini  disupport oleh designer tenun dan songket Anna Mariana,  yang juga meruapakan salah satu anggota IAD,” ujar Ros Ellyana.
 
Ketum IAD menyebut tenun dan songket diangkat dalam pagelaran budaya ini, karena merupakan warisan budaya yang perlu dijaga dan dilestarikan. “Terlebih kain-kain ini dibuat secara handmade dalam  waktu  yang lama. Dan hasilnya pasti selalu indah. Tiap daerah  di Indonesia punya tenun dan songket dengan ciri khusus. Semuanya indah  dan eksklusif,” tambahnya.


(romi)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com