Di Publish Pada Tanggal : Rabu, 20 Desember 2017 06:35 WIB

Pamer 60 Koleksi Terpilih, Anna Mariana Tampil Memukau di Fashion IAD

Jakarta, HanTer - Disaner kondang Anna Mariana unjuk kebolehan dengan menampilkan sejumlah koleksi fashion hasil rancangannya. Kali ia tampil di Pagelaran Budaya IAD Kejaksaan Agung.
 
Terlebih, jelang penampilannya  di panggung International Couture Collections  di DC Fashion Week, Washington DC, pada 25 Februari 2018, designer tenun dan songket ini mengadakan pemanasan dengan menggelar karya terbarunya di tengah acara Rapat Kerja  Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) Kejaksaan Agung,  pekan lalu. 
 
Sebanyak 60 karya ditampilkan sehingga membuat decak kagum penonton.  “Sejauh ini saya memperlihatkan koleksi tenun dan songket dari seluruh wilayah Indonesia, termasuk songket Betawi! Saya juga mengembangkan desain tenun dan songket terbaru dari Yogya, Solo dan juga Papua,” katanya.
 
Sebelumnya, perempuan berhijab yang pada September lalu baru meraih gelar Phd dari University of Georgia Netherlands ini,  di Jawa maupun Papua tak ada  songket dan tenun yang handmade.  Dari situlah, ia kemudian berinisitaif  menyebarluaskan pembuatan songket ke daerah-daerah langka, seperti Solo, Yogya dan Papua. 
 
“Ini pengembangan baru karya saya untuk kain tradisional Indonesia, setelah saya meluncurkan tenun dan songket Betawi. Bentuknya cukin, yakni selendang yang dikenakan untuk para lelaki.  Berwarna kuning, pada motifnya terdapat ornamen ondel ondel dan Monas,” terang Anna yang mengajak Ita Purnamasari sebagai bintang tamu di pagelaran tersebut.
 
Dalam fashion show di IAD yang koreografinya ditangani Ati Ganda, karya busana tenun dan songket Anna Mariana akan diperagakan para model anggota IAD. Busana ini terdiri dari gaun panjang untuk pesta maupun gaun untuk acara casual.  Di tengah fashion show, ditampilkan lagu dan tarian daerah, juga koleksi busana pengantin berbagai propinsi di Indonesia.  
 
Untuk bagian ini Anna Mariana mengajak Bactiar Jamaluddin dari Busana Betawi.com untuk berkolaburasi. Sekedar catatan, Bactiar memang merupakan pakar untuk busana pengantin daerah.


(romi)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com