Di Publish Pada Tanggal : Senin, 29 Januari 2018 20:38 WIB

VAW Luncurkan Aplikasi Ini untuk Dukung Perangi Narkoba

Jakarta, HanTer - Upaya memerangi bahaya narkoba tentu tak hanya menjadi tanggung jawab institusi pemangku kepentingan seperti BNN, Polri dan Kemhan (Direktorat Bela Negara). Namun, perlu dukungan seluruh warga Negara Indonesia.

PT. Vanaspati Arkananta Widya (VAW) sebagai social preneur tergerak untuk menjadi perpanjangan tangan ketiga pemangku kepentingan tersebut guna membantu upaya pencegahan dan penanggulangan dampak buruk narkoba yang dikemas dalam aplikasi berbasis digital bernama `Dialogue101`.

Minardiantomo Suputro selaku pendiri PT. Vanaspati Arkananta Widya (VAW), mengungkapkan, hingga akhir tahun 2017 diperkirakan lebih dari 6 juta penduduk Indonesia dikategorikan sebagai pecandu Narkoba. Dimana, lanjut dia, rata-rata 50 orang meninggal setiap harinya.

"Angka tersebut merupakan yang terbesar dibandingkan dengan negara-negara lain di Asia. Bahkan sepanjang tahun 2017, pihak Badan Narkotika Nasional (BNN) telah berhasil mengungkap 46.537 kasus Narkoba diseluruh Indonesia dengan menangkap 58.365 orang yang terlibat dalam kasus tersebut," ujarnya.

Selain itu, kata pria yang akrab disapa Tommy ini, jumlah kerugian ekonomi yang ditimbulkan dari penyalahgunaan Narkoba mencapai Rp72 Triliun per tahunnya. Hampir setara dengan APBD DKI Jakarta Tahun 2018.

"Tentu banyak kerugian yang dialami dari adanya narkoba ini," terang dia.

Berangkat dari hal itulah, kata Tommy, yang menjadi alasan dirinya membuat aplikasi berbasis digital bernama `Dialogue101`.

Ia menerangkan, rangkaian program pencegahan berbasis aplikasi digital tersebut mencakup komunikasi, edukasi, sosialisasi dan berbagi informasi melalui berbagai jenis media, gerakan Sosial dan pemberdayaan untuk menjadi lebih produktif. 

Sementara, program penanggulangan berbasis aplikasi digital dilakukan mulai dari pendeteksian dini kecanduan narkoba hingga rekomendasi program rehabilitasi yang disesuaikan dengan kebutuhan.

"Rangkaian program ini bisa ditujukan untuk semua usia. Namun, dititikberatkan kepada usia remaja dewasa dan usia produktif yang cukup terbiasa dengan gadget," terang Tommy.

Ia menjelaskan, aplikasi tersebut merupakan 100% dibangun oleh tenaga-tenaga kreatif Indonesia. Saat ini, ujar Tommy, aplikasi `Dialogue101` bisa di unduh melalui Android Play Store.

"Menyusul IOS App Store dalam waktu dekat," terang dia.

Ia berharap, kehadiran aplikasi digital `Dialogue101` ini bisa berkontribusi terhadap upaya bersama dalam membangun kesadaran masyarakat luas akan pentingnya bela negara dengan memerangi narkoba, menuju Indonesia Bebas Narkoba.


(Sammy)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com