Di Publish Pada Tanggal : Jumat, 16 Februari 2018 22:51 WIB

Ayo Nikmati Keseruan Festival Pulau Untungjawa 2018

Jakarta, HanTer – Anda ingin melewati long weekend dengan nuansa berbeda? Cobalah datang ke Kepulauan Seribu, Sabtu (17/2). Ada Festival Pulau Untungjawa 2018 yang siap menyapa. Parade budaya, kuliner, hingga musik, dipastikan siap menemani bersama event Pulau Untungjawa Fishing 2018.
 
“Festival Pulau Untungjawa dikemas berbeda setiap tahunnya. Festival ini menjadi salah satu andalan pariwisata Kepulauan Seribu. Momentumnya juga sangat tepat karena bersamaan libur panjang. Pulau Untungjawa ini sangat cocok untuk mengembalikan kesegaran,” ungkap Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar I Gede Pitana, Jumat (16/2).
 
Yang penasaran, silakan langkahkan  kaki ke Tugu Perpindahan dan Pantai Sakura, Pulau Untungjawa. Rangkaian kegiatan sudah dimulai Selasa (13/2) lalu, dengan ritual internal masyarakat. Agendanya tasyakuran, dzikir, hingga doa bersama. Perayaan besarnya baru digelar Sabtu (17/2), pukul 08.00 WIB.
Tema yang diangkat adalah ‘Kita Bangun Wisata Bahari Pulau Untungjawa Menuju Kepulauan Seribu yang Mandiri’.
 
“Masyarakat selalu menjaga kearifan lokal. Tradisi selalu dilestarikan. Mereka juga sangat fokus kepada kelestarian alam yang bernuansa pantai. Panorama pantai Pulau Untungjawa sangat indah. Pulau ini sangat layak sebagai salah satu destinasi Wisata Bahari unggulan Kepulauan Seribu,” terangnya.
 
Untuk memeriahkan pesta besar, beragam event siap digelar. Usai menikmati ceremonial, wisatawan akan dimanjakan dengan parade kapal hias. Festival kuliner akan disajikan menjelang tengah hari. Menunya sangat lengkap, terutama aneka jenis olahan ikan.
 
Sembari menikmati kuliner lezat, wisatawan akan dihibur pentas seni. Aksi ini hasil kreasi dari putra-putri warga Pulau Untungjawa. Untuk menaikkan adrenaline, pentas musik modern pun digelar.
 
Wisatawan juga bisa berperan dalam aneka jenis perlombaan yang digelar. Bagi penggemar fishing, pastikan standby sebelum pukul 14.30 WIB. Para juara akan mendapatkan beragam hadiah menarik. Kemeriahan pun dilengkapi dengan pagelaran Lenong Betawi mulai pukul 19.30 WIB.
 
“Acaranya sangat padat, dari pagi hingga malam. Lomba-lombanya sangat banyak dan menarik. Kami ingin memberikan kesan positif bagi wisatawan. Sebab, Kepulauan Seribu ini adalah salah satu destinasi andalah Provinsi DKI Jakarta. Potensi berkembangnya sangat besar,” ujar Pitana lagi. 
 
Pitana menambahkan, Festival Pulau Untungjawa 2018 membidik target 1.500 wisman dan 50 ribu wisnus. 
 
“Potensi besar wisman ke Jakarta akan terus dioptimalkan. Biar jumlah wisman yang menyeberang ke Kepulauan Seribu semakin besar. Untuk festival ini, perhitungan target pun sudah diberikan. Jumlah itu cukup bagus, meski kami optimistis bisa lebih. Sebab, akses mudah dan infrastruktur mendukung,” lanjut Pitana lagi.
 
Pulau Untungjawa bisa diakses dari tiga tempat di Jakarta Utara. Ada Pelabuhan Kaliadem, Pelabuhan Sunda Kelapa, Pantai Tanjung Pasir, hingga Dermaga Marina. Ada banyak destinasi yang bisa dinikmati di sana. Mulai dari Pantai Pasir Sakura, walking track area Hutan Bakau, hingga aneka atraksi Wisata Air. Untuk penginapan, ada Baronang Home Stay, Kakap Merah, Karang Bolong, Lumba-Lumba, juga Mutiara. 
 
Kepulauan Seribu melalui Pulau Untungjawa, memiliki potensi pertumbuhan yang sangat besar. Sebab, Jakarta menjadi pintu masuk bagi 2.811.474 wisman sepanjang 2017. Ibukota Indonesia ini memiliki dua pintu masuk.
 
Tahun 2017 lalu, sebanyak 2.749.321 wisman masuk melalui Bandara Soekarno-Hatta. Jumlah itu tumbuh 5,61% dari 2016. Tiongkok jadi donatur terbesar dengan 338.833 wisatawan, disusul Malaysia 301.122 orang. Jepang berjumlah 228.648 wisatawan, lalu Singapura ada 202.499 orang.
 
Wisatawan juga masuk melalui Pelabuhan Tanjung Priok. Tercatat 62.153 wisman masuk melalui jalur laut tahun 2017. Jumlah tersebut naik 3,99% dari tahun 2016. Jalur ini didominasi 164 wisatawan Inggris. Sebanyak 81 warga Australia juga menikmati rute ini, selain 69 paspor Jepang.
 
Menteri Pariwisata Arief Yahya mengacungkan jempol untuk Festival Pulau Untungjawa. Menurutnya, kegiatan ini sudah memenuhi aspek 3A, Amenitas, Aksesibilitas, dan Atraksi.
 
“Festival Pulau Untungjawa selalu menarik. Kemasannya selalu baru. Aspek 3A-nya juga sudah bagus. Semua sudah tahu kalau panorama di sana bagus. Udaranya juga sangat bersih. Silakan datang dan buktikan sendiri,” pungkas Menteri Pariwisata Arief Yahya.


(Hermansyah )



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com