Di Publish Pada Tanggal : Kamis, 22 Februari 2018 23:23 WIB

Tampil di DC Fashion Week 2018, Anna Mariana Angkat Budaya Lokal ke Ajang Internasional

Jakarta, HanTer - Desainer kondang Anna Mariana akan mengikuti ajang International Couture Collections DC Fashion Week. Sebanyak 20 rancangan sudah dipersiapkan. 
 
Di ajang bergengsi yang diselenggarakan di Franklin Square 1315 K St NW, Washington DC, pada Ahad 25 Februari 2018 Anna akan memamerkan koleksi busana yang diramu dari tenun dan songket Babe,  gabungan khas Bali dan Jakarta. 
 
“Babe ini adalah singkatan Bali dan Betawi. Saya memadukan corak  Bali dari motif kain poleng dan tenun Betawi,” kata Anna Mariana di kawasan Pondok Indah Jakarta Selatan, Rabu (21/2/2018). 
 
Pada sentuhan Bali, Anna menempatkan corak poleng, yakni  motif kain kotak kotak berwarna  hitam putih (Rwabhineda) yang sangat popular dan menjadi icon dalam kehidupan masyarakat Bali. 
 
“Dalam paham masyarakat Hindu, Rwabhineda melambangkan dua sifat yang bertolak belakang,  yakni  hitam putih, baik buruk, panjang pendek, kaya miskin dan sebagainya,” terangnya. 
 
Sedangkan, nuansa tenun dan songket Betawi sebuah kain maha karya yang dirancang  Anna di Jakarta. Mulai dari design benang untuk ditenun hingga menjadi kain dan didesain merah putih.  
 
“Intinya melambangkan  warna bendera Merah Putih ciri khas Indonesia. Selain itu,  ada sentuhan burung Garuda yang merupakan lambang negara  dan dikenal juga sebagai simbol Bhineka Tunggal Ika,” tuturnya.
 
Ditambahkan Anna, melalui sentuhan dan balutan busana bernuansa tenun dan songket tradisional, handmade khas Bali dan Betawi diharapkan dapat menjadi ajang  berbagi pengetahuan sekaligus promosi budaya Indonesia di Amerika.
 
“Harapan  saya,  karya designer  yang mengangkat budaya lokal Indonesia  semakin berkibar dan terus mengangkat nama Indonesia dalam kancah fashion dan mode di dunia Internasional,” tambahnya.


(romi)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com