Di Publish Pada Tanggal : Senin, 19 Maret 2018 08:38 WIB

Desainer Anna Mariana Beri Pembekalan Khusus kepada Finalis Abnon Jakut 2018

Jakarta, HanTer - Desainer tenun dan Songket Anna Mariana tampil  cekatan sebagai pembicara di tengah  15 pasang finalis Abang None (Abnon) Jakarta Utara 2018.   Ia membawakan makalah tentang Sejarah dan Budaya Betawi, sekaligus Pengenalan dan Pengembangan  Budaya Kain Tenun dan Songket Betawi. 
 
Sebagai Bendahara di Lembaga Kebudayaan Betawi, Anna melihat pemberian materi  tentang sejarah yang terhubung dengan kebudayaan Betawi  dihadapan finalis Abnon  ini menjadi sangat penting.  
 
“Generasi milenial harus paham sejarah, bahkan  bisa dimulai dari pemberian nama kota ini  kenapa bernama Jakarta. Sebelum ini Jakarta pernah berganti nama beberapa kali. Dari Sunda Kelapa, berubah Jayakarta, berubah lagi jadi Batavia,” kata Anna di GOR  Sunter, Jakarta Utara, Ahad, (18/3/2018).
 
Dari segi budaya, Anna mengingatkan  para finalis tentang pentingnya terus menjaga silaturahmi dan sikap hormat kepada orang tua yang menjadi ciri khas budaya Betawi yang kuat dengan nilai budaya Islami.  Anna  juga mengoreksi cara bersalaman anak  jaman kini  kepada orang tua yang  sekadar asal ada. 
 
“Saya sering lihat, anak milenial kalau mau berangkat ke luar rumah, salaman kepada Nyak dan Babe hanya sekadarnya. Salaman yang tepat itu bukan menempelkan  tangan  ortu ke  pipi atau kening kita. Tapi  harus dicium. Kena ke bibir dan dihidung,” terangnya. 
 
Sekedar catatan , 15 pasang finalis Abnon Jakarta Utara 2018 ini  lolos setelah melalui serangkaian tahapan penyaringan dari 350 peserta yang mendaftar, dan ikut seleksi tahap awal. Mereka memasuki masa karantina sejak 17 Maret – 21 April. Para finalis hanya wajib ada di karantina di setiap  akhir pekan. Pada hari kerja, mereka tetap berkativitas seperti biasa. 


(romi)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com