Di Publish Pada Tanggal : Selasa, 10 April 2018 20:33 WIB

Hobi Travelling, Inilah 7 Tips Terlengkap Dapat Tiket Pesawat Murah

Jakarta, HanTer - Berpergian menggunakan transportasi udara pada era modern ini terbukti efisien bila melihat waktu dan jarak yang ditempuhnya. Tak heran bila, pesawat menjadi primadona masyarakat dunia bila ingin berpergian secara cepat namun tetap efektif saat mengunjungi berbagai destinasi di seluruh dunia. Terkadang, beberapa orang kerap membatalkan perjalanannya saat melihat tiket pesawat yang ingin dibeli terlalalu mahal. 
 
Namun, jangan khawatir lagi karena di era keterbukaan informasi sekarang ini, Anda juga bisa menikmati tiket pesawat murah bila teliti mencari informasi dari berbagai jaringan. Berikut tips terbaik untuk Anda yang menginginkan tiket pesawat dengan harga yang miring.
 
1. Cari info tiket promo
 
Ada berbagai macam cara untuk menggali informasi mengenai tiket promo pesawat..
 
-Cara pertama, Anda bisa adalah mengikuti media sosial maskapai-maskapai pesawat seperti dengan like fanpage di Facebook resmi mereka, follow media sosial seperti Twitter dan Instagram, atau media sosial lainnya yang sering digunakan sebagai media penyebaran informasi dari pihak maskapai kepada Konsumen. Dengan cara ini anda akan bisa menemukan kapan munculnya tiket promo dan seperti apa promo yang mereka tawarkan kepada Anda.
 
- Cara Kedua, Anda bisa mendaftarkan email anda kepada maskapai yang biasa Anda gunakan. Pihak maskapai biasanya biasanya mengirimkan newsetter kepada anda, baik sekadar informasi tentang tawaran menarik atau pemberitahuan mengenai tiket promo. 
 
Biasanya dalam pemberitahuan informasi seperti ini disebarkan mengenai email terlebih dahulu sebelum melalui pengumuman lewat media atau situs resmi maksapai penerbangan itu sendiri. Karena mengirim email ke daftar penerima newsletter akan lebih murah dan lebih cepat daripada harus mempersiapkan design untuk dipajang di media mereka.
 
2. Waktu tepat pesan tiket
 
Mungkin sudah bukan rahasia umum lagi bila harga tiket pesawat akan melambung saat high season seperti jelangi hari raya keagamaan, liburan panjang, musim liburan atau akhir pekan. Baik lupakan itu sejenak, coba perhatikan waktu anda mencari tiket tersebut ditujukan kapan. 
 
- Hari terbaik memesan tiket: Tentu membeli tiket di akhir pekan akan terasa mencekik bila dibanding hari lainnya. Anda bisa mencoba untuk membeli tiket pada tengah minggu, seperti Selasa, Rabu atau Kamis. Mengapa tidak hari Jumat dan Senin? Karena kedua hari itu masih dipengaruhi oleh harga hari Sabtu-Ahad.
 
- Tanggal terbaik memesan tiket : Pada tanggal 20 ke atas biasanya menjadi tanggal di mana tiket pesawat mengalami penurunan harga. Kerap banyak maskapai melakukan hal tersebut dengan berbagai alasan seperti target penjualan bulanan sudah tercapai, menarik minat para pekerja yang menerima gaji di tanggal tersebut dan lainnya.
 
- Bulan-bulan terbaik memesan tiket : Ada 2 periode bulan yang mengalami penurunan harga tiket seperti September-Oktober dan Februari-Maret. Sedakan pada akhir tahun dan awal tahun seperti Desember dan Januari, serta tengah tahun seperti juni hingga September adalah masa di mana banyak maskapai menaikkan harga tiketnya. 
 
3. Website terbaik  pesan tiket
 
Dengan membeli harga tiket di situs resmi maskapai penerbangan, maka anda harus memperhatikan kecenderungan naik turun harga yang biasanya sengaja dibuat agar anda merasa harus membeli tiket tersebut sebelum harganya naik kembali. Pelajari kembali pola naik turun harga yang mungkin telah diatur, jika memang harganya paling rendah memang berputar-putar di harga tersebut, maka pilihlah harga termurah dengan memperhatikan waktu pemesanan berdasarkan pengamatan naik turunnya harga yang ditawarkan pada website tersebut.
 
4. Jangan beli sekaligus
 
Pembelian secara borongan biasanya akan menaikkan harga tiket pesawat dalam sistem pembelian online, hal ini dikarenakan anda memerlukan tempat duduk yang berurutan dengan rekan seperjalanan anda. Coba anda bandingkan ketika anda memesan sendiri untuk 4 tiket pesawat, kemudian coba anda bersama ketiga rekan anda membuka sendiri pada komputer masing-masing. 
 
Memang bila memesan sendiri-sendiri ada kemungkinan mendapatkan kursi yang terpisah, namun dengan memesan dalam waktu yang bersamaan maka anda akan bisa memperbesar kesempatan untuk mendapatkan tempat duduk yang berurutan.
 
5. Melihat rute transit
 
Hal ini diperlukan perbandingan antara rute pesawat langsung atau rute pesawat yang harus transit. Kelebihan rute langsung adalah waktu tempuh yang akan lebih singkat dari pada menggunakan rute transit. Untuk masalah harga bisa anda bandingkan, semisal anda akan menuju Medan dari Yogyakarta, ada rute langsung dari Yogyakarta menuju Medan, dan ada rute transit Yogyakarta ke Jakarta terlebih dahulu baru ke Medan.
 
Kalkulasikan jumlah keduanya, manakah yang lebih murah dengan mempertimbangkan waktu perjalanan yang anda perlukan juga.
 
6. Perhatikan lokasi perjalanan
 
Anda harus secara detail untuk memerhatikan lokasi anda akan menuju kemana, karena ini adalah hal yang hampir tidak bisa ditawar. Biasanya pesawat yang mendarat di bandara sekunder akan lebih murah daripada di bandara utama. Kemudian perhatikanlah jumlah maskapai penerbangan yang melayani rute tersebut.
 
Bila rute tersebut banyak dilayani oleh maskapai penerbangan, seperti Jakarta, Bali, Surabaya dll, maka anda akan harus pintar membaca perubahan harganya. Jika anda sudah menemukan salah satu maskapai penerbangan yang murah dan memang merasa tidak akan turun lebih murah lagi, segeralah membeli tiket tersebut. 
 
Tips berikutnya adalah waktu anda akan berangkat dari lokasi anda menuju tujuan anda. Maskapai penerbangan yang masuk ke kategori Low Cost Carrier (LCC) biasanya akan memasang tarif rendah jauh-jauh hari sebelum jadwal penerbangan dan akan menaikkan harga ketika mendekati jadwal penerbangan. Namun pada maskapai non LCC yang memiliki harga tiket yang relatif sama sepanjang tahun kecuali saat hari-hari puncak, harga tiket ketika mendekati jadwal penerbangan bisa semakin terjangkau.
 
7. Perhatikan fasilitas maksapai 
 
Selalu memeriksa harga tiket yang tertera termasuk apa saja yang bisa anda dapatkan. Informasi seperti tiket termasuk makan dan minum di dalam perjalanan, free bagasi untuk alat olahraga, pajak bandara atau harga-harga lainnya yang bisa membuat anda tertipu dengan selisih yang sedikit namun anda harus membayar lebih di langkah selanjutnya. Selalu teliti terhadap apa yang tertera pada pesanan tiket anda untuk menghindari biaya tambahan yang anda tak inginkan.
 


(romi)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com