Di Publish Pada Tanggal : Selasa, 10 April 2018 16:35 WIB

Festival Pesona Tambora Angkat Eksotisme Samota

Dompu, HanTer – Perhelatan Festival Pesona Tambora 2018, turut mengangkat eksotisme destinasi disekitar Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Khususnya segitiga eksotis Samota. Yaitu Teluk Saleh, Pulau Moyo, dan Gunung Tambora. 
 
Buat wisatawa, kawasan Samota layaknya ‘surga’ yang pantang untuk dilewatkan. Sebab, nuansa view pegunungan hingga dunia bawah air tersaji lengkap. View utama pegunungan adalah Tambora. 
 
Menariknya, kawasan Tambora juga dilengkapi Savana Doro Ncanga dan Doro Bente. Destinasi ini berada pada kawasan National Geopark Tambora.
 
Savana Doro Ncanga nampak cantik dengan bentangan padang rumput lebih dari 6.000 hektare. Zona ini akan semakin eksotis manakala memasuki musim kering. Karena, semua kawasan akan berwarna kuning kecoklatan. Belum lagi dengan tambahan objek fauna. Kawasan ini juga menjadi lokasi penggembalaan sapi, kerbau, hingga kuda.
 
Nuansa Savana Doro Ngaca membuat penyanyi dangdut Erie Suzan terpesona. “Pesona alam di sini bagus dan keren. Masih alami. Pokoknya menyenangkan bisa berada di sini,” puji Erie Suzan usai show di Festival Pesona Tambora 2018, di Savana Doro Ncanga, Selasa (10/4/2018). 
 
Eksotisme National Geopark Tambora semakin dikuatkan dengan Doro Bente. Memiliki ketinggian 80 mdpl, Doro Bente ini merupakan kaldera purba yang sudah tidak aktif. Posisinya unik karena langsung berbatasan dengan laut. 
 
Doro Bente dahulunya digunakan sebagai benteng pertahanan kerajaan. Tapi itu jauh sebelum Gunung Tambora erupsi. “Kawasan ini sangat unik. Sebab, pengunjung bisa menikmati suasana pegunungan dan pantai sekaligus,” ujar Erie.
 
Sedangkan Teluk Saleh menjadi fenomena lain. Kawasan ini familiar sebagai akuarium raksasa. Biota lautnya sangat lengkap. Beragam jenis spesies terumbu karang dan ikan ada di sana. 
Yang menjadi idola adalah manta atau pari paka. Kedalaman Teluk Saleh mencapai 200 meter, meski banyak spot ideal 50 meter.
 
Berada di antara Pulau Moyo dan Satonda, Teluk Saleh juga unik. Perairan ini memiliki pusaran arus. 
Oleh warga sekitar, arus itu disebut sebagai fenomena pembersihan air. Namun pusaran air itu tidak berbahaya. Perairan Teluk Saleh merupakan poros sail dari Lombok menuju Labuan Bajo.
 
“Pulau Sumbawa ini kaya akan destinasi favorit. Nuansa pantai-pantainya sangat khas. Para pengunjung Festival Pesona Tambora juga banyak mampir ke sana. Lokasi festival dengan Teluk Saleh sangat dekat,” kata Kepala Dinas Pariwisata NTB Lalu Mohammad Faozal.
 
Pulau Moyo menjadi menu wajib lain yang harus dikunjungi. Letaknya tak jauh dari Pulau Sumbawa. Kawasan ini terkenal dengan Air Terjun Mata Jitu. Air terjun ini memiliki ketinggian 15 meter dengan 12 kolam bertingkat. Area ini eksotis karena menjadi oase di tengah savana Pulau Moyo. Wisatawan juga bisa menjumpai Burung Maleo beserta sarangnya yang tinggi dan unik. 
 
Pulau Moyo juga akan memanjakan wisatawan dengan dunia bawah airnya. Pulau Moyo memiliki 16 side atau point diving. Kawasan ini terkenal dengan angel reef dan sea fan. Para diver juga memiliki idola lain berupa hiu sirip hitam dan hiu sirip putih. 
 
Perairan ini juga memiliki spot unik, yaitu  SS Sumbawa. Spotnya berupa kapal tenggelam dengan kedalaman 19 meter. Dengan ukuran 20x10x5 meter, kapal ini masih utuh dan lengkap dengan terumbu karangnya.
 
“Keindahan bawah laut di sana memang luar biasa. Kawasan ini menjadi destinasi favorit bagi para penyelam. Ada banyak obyek yang bisa dilihat di sana,” ujar Faozal lagi.
 
Lebih menarik lagi, di sekitar spot kapal tenggelam juga terdapat traktor yang masih utuh. 
 
Traktor ini juga ditumbuhi terumbu karang hingga terlihat sangat unik. Para diver dijamin semakin puas, sebab perairan ini terkenal sebagai crystal clear. Arusnya juga lemah, sehingga ideal untuk diving. Beberapa pesohor yang pernah ke Pulau Moyo adalah Lady Diana, David Beckham, Maria Sharapova, Edwin Van Der Sar, hingga vokalis Rolling Stones Mick Jagger.
 
Staff Ahli Menteri Bidang Multikultural Kementerian Pariwisata Esthy Reko Astuti, memuji keindahan ini. Menurutnya, Festival Pesona Tambora mampu mengangkat destinasi sekitarnya.
 
“Festival Pesona Tambora memiliki banyak alternatif destinasi. Tempat-tempat ini harus menjadi destinasi liburan bagi para wisatawan. Semua tersaji lengkap di Tambora. Gunung, nuansa pantai, hingga bawah lautnya luar biasa. Wajar bila Pulau Moyo menjadi tujuan wisata para pesohor dunia,” terang Esthy yang juga Ketua Pelaksana Calendar of Event 2018 Kemenpar.
 
Untuk mengunjungi Pulau Moyo juga tidak sulit. Pulau ini bisa dijangkau dari Pelabuhan Sumbawa menuju Pelabuhan Aji Pulau Moyo. Menggunakan boat, lama perjalanan sekitar 1,5 jam. Harga sewanya kisaran Rp 1,5 juta hingga Rp1,7 juta dengan kapasitas 20 orang. 
 
Kalau mau sedikit santai, bisa menumpang public boat dengan tiket Rp25 ribu bagi para wisnus, lalu wisman dibanderol Rp50 ribu.
 
Menteri Pariwisata Arief Yahya pun tidak ragu untuk memuji pelaksanaan Festival Pesona Tambora. Apalagi destinasi sekitarnya ikut terangkat.
 
“Festival Pesona Tambora ini luar biasa. Selain atraksinya, aspek transportasinya dan amenitasnya juga luar biasa. Yang jelas festival ini sangat luar biasa. Yang jelas, dengan komposisi yang dimilikinya Pulau Sumbawa ini akan mampu menarik lebih banyak wisatawan,” tutup Menteri Pariwisata Arief Yahya.


(Hermansyah)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com