Di Publish Pada Tanggal : Selasa, 24 April 2018 06:16 WIB

Beragam Seni dan Atraksi Budaya di INACRAFT 2018, Dijamin Bakal Seru

Jakarta, HanTer – Para pelaku seni dan budaya bakal dimanjakan dengan kehadiran International Handicraft Trade Fair (INACRAFT 2018). Ajang ini kembali digelar untuk yang ke-20 kalinya di Jakarta Convention Center, pada 25-29 April 2018. Kehadiran pameran produk kerajinan internasional terbesar di Tanah Air ini diklaim terbesar Asia Tenggara. 
 
Dalam ajang ini ditampilkan produk kerajinan, seni dan atraksi budaya Sumatera Utara sebagai ikon pameran dengan tema The Loftiness of North Sumatra mendampingi tema sentral INACRAFT Colouring the World.
 
Menurut Wakil Ketua Umum 2 ASEPHI Gusmardi Bustami, even akbar ini akan diikuti oleh 1.395 peserta dari seluruh pelosok wilayah di Indonesia. Terdiri dari para perajin, pengusaha, produsen, dan eksportir kerajinan. Serta beberapa negara sahabat juga akan ikut menyemarakkan pameran, dengan menampilkan produk kerajinan mereka.
 
"Jepang, Polandia, Uzbekistan, Korea Selatan dan beberapa negara anggota ASEAN tergabung dalam AHPADA (ASEAN Handicraft Promotion & Development Association) dipastikan mengijuti ajang ini," kata Gusmardi di Jakarta, Senin (23/4/2018).
 
Ditambahkannya, setiap penyelenggaraannya, secara bergilir INACRAFT menampilkan kerajinan dari daerah tertentu di Indonesia sebagai ikon utama pameran.
 
Di samping menampilkan produk kerajinan, ikon provinsi ini juga akan mengisi acara pembukaan dengan pagelaran kesenian seni musik dan hiburan budaya berupa tari-tarian selama pameran.
 
Selain itu, dalam rangka memperingati 60 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Jepang, juga akan ada acara  menampilkan kesenian dan display produk kerajinan kolaborasi Indonesia dengan Jepang.
ASEPHI juga memberikan perhatian khusus dengan memberikan fasilitas promosi kepada kelompok Baduy Craft Banten dan Komunitas Diffabel dari Kriya Mata Kuching Bandung.
 
Nantinya, produk kerajinan yang dipamerkan di INACRAFT akan dinilai oleh 10 orang juri professional, diseleksi dengan aplikasi e-judging untuk mendapatkan penghargaan INACRAFT Award. Produk terpilih dari 7 kategori, yaitu keramik, serat alami, tekstil, stone, wood, metal, dan bahan natural lainnya.


(romi)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com