Di Publish Pada Tanggal : Jumat, 27 April 2018 15:15 WIB

Wow, Ada Hologram Batik Asli Bergaransi Asephi

Jakarta, HanTer – Tak disangka, sejauh ini menyusul dengan dimasukkannya batik ke dalam Daftar Representatif sebagai Budaya Tak-benda Warisan Manusia (Representative List of the Intangible Cultural Heritage of Humanity) oleh Unesco. 
 
Terbukti, dalam Sidang ke-4 Komite Antar-Pemerintah (Fourth Session of the Intergovernmental Committee), tentang Warisan Budaya Tak-benda di Abu Dhabi pada tahun 2009. 
 
Maka pada Inacraft ke-18 tahun 2018, Asephi atas inisiatif dari BPC Pekalongan, telah mengeluarkan stiker hologram batik asli yang dipakai oleh pedagang perajin batik peserta Inacraft dari Pekalongan sebagai proyek percontohan.
 
Menurut Ketum Badan Pengurus Cabang Asephi Pekalongan, Rommy Oktabirawa, Hologram batik ini menandai perlindungan batik tulis, cap atau kombinasi tulis cap khususnya kepada konsumen, untuk menjadi konsumen cerdas. 
 
"Hologram Batik Asli Bergaransi Asephi adalah dalam upaya menggaransi keaslian batik yang dibeli konsumen sebagai bentuk kepedulian Asephi, dalam rangka memberikan edukasi kepada khalayak.
 
Bahwa yang dimaksud Batik adalah proses bukan dinilai dari motif, yang akibat kurang paham menilai mana batik asli maka masyarakat kebanyakan mengaggap produk yang bermotif batik adalah batik," katanya, di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan Jakarta, Kamis (26/4/2018).
 
Selanjutnya penggunaan Hologram batik asli, yang diawali di Pekalongan dan daerah Jawa Tengah, atas inisiatif para pengurus Asephi di tahun 2018, sepakat untuk bersama-sama  mendukung upaya pelestarian batik asli. Juga memberikan edukasi kepada masyarakat pembeli dan pencinta batik yang diawali dengan produk-produk batik, yang dijual dalam program promosi yang diselenggarakan oleh Asephi dengan berbgai pertimbangan-pertimbangan.
 
Di antaranya, Hologram Batik Asli adalah jawaban teknologi atas upaya perlindungan budaya tak  benda. Hologram Batik Asli untuk menyegarkan bahwa batik adalah teknik perintang warna pada kain dengan perantara canting dan lilin. Sehingga batik bukan semata-mata soal motif melainkan proses. Romi 
 


(romi)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com