Di Publish Pada Tanggal : Senin, 30 April 2018 07:07 WIB

Setu Babakan Fair 2018, Anna Mariana Tampilkan Fashion Show Tenun dan Songket

Jakarta, HanTer - Hiburan masyarakat Jakarta asli akhirnya bisa dinikmati dengan diselenggarakan Setu Babakan Fair 2018 untuk pertama kalinya. "In sya Allah ini akan menjadi kalender acara tahun. Dan semoga tahun depan bisa kita buat lebih meriah lagi,” kata Ketua Badan Musyawarah (Bamus) Betawi H. Zainudin alias Bang Oding, Sabtu (28/4/2018).
 
Berbagai sajian ditampilkan yang menyangkut khas budaya Betawi. Diantaranya, Palang Pintu, Peragaan Silat, Lenong,  Musik Sambrah dan peragaan busana tenun dan songket. 
 
"Mungkin banyak yang belum tahu jika Betawi punya busana bagus bagus. Ada batik Betawi, ada Cukin, Kebaya  Kerancang dan kini ada tenun dan songket Betawi yang digagas dan diperjuangkan  Ibu Anna Mariana, " kata Oding.
 
Anna Mariana sendiri secara khusus menyiapkan fashion show yang memperlihatkan kekuatan desainnya di hadapan pengunjung. "Saya modifikasi bahan dasar tenun,  dengan metode dilukis supaya motifnya kelihatan seperti batik. Padahal kain dasarnya berbahan tenun yang semuanya kita modifikasi dengan dilukis,“ jelas Anna.
 
Karya tenun tersebut kemudian diterapkan menjadi  busana hijab  dengan tema Maroko. “Tema ini bertepatan dengan kita menghadapi bulan Ramadan dan menyambut Lebaran,” ungkapnya. 
 
Keseriusan bendahara umum LBK ini dalam menciptakan sekaligus  mengembangkan  Tenun dan Songket Betawi  bersama  Bamus  Betawi semakin  terlihat nyata. 
 
“Mereka akan dilatih menenun dengan bahan baku yang kami sediakan. dan  hasilnya nanti akan saya beli. Kalaupun ada dari mereka yang tidak berbakat menenun, bisa tetap bergabung  misalnya  bisa sebagai penjahit,” tambahnya.


(romi)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com