Di Publish Pada Tanggal : Jumat, 01 Juni 2018 21:49 WIB

Kuliner Sleman Yang Menggoda Kala Libur Lebaran

Sleman, HanTer - Berbicara mengenai Sleman, mungkin anda akan terbayang wisata khas pedesaan. Biasanya pesona Gunung Merapi serta Kaliurang menjadi tujuan utama. Padahal, Sleman juga menyimpan #PesonaKulinerLebaran2018 dan dijamin bisa membuat lidah kita bergoyang.
 
"Untuk anda yang kebetulan sedang mudik Lebaran atau kebetulan memang melewati kota yang berslogan Sleman Sembada ini, wajib mencoba beberapa tempat Wisata Kuliner Khas Sleman. Dijamin akan puas. Apalagi viewnya luar biasa. Ini akan menambah #PesonaMudik2018 bersama keluarga," kata Menpar Arief Yahya.
 
Berikut #Top10PesonaKulinerLebaran di Sleman yang asyik untuk disambangi. 
 
1. Jejamuran
Anda pecinta jamur? Jejamuran Jogja adalah resto paling direkomendasi. Restoran dengan tema serba jamur ini hanya ada di Yogyakarta. Seluruh daftar menu berbau jamur, diolah secara profesional dan modern. Jamur mereka dipilih dari jamur-jamur yang aman untuk dikonsumsi dan bebas penyakit.
 
Restoran yang ada di Jl. Magelang KM. 11  Pandowoharjo, Tridadi, Sleman, berdiri sejak 1997. Selain menikmati menu berbagai olahan jamur, pengunjung juga dapat membeli berbagai cemilan dari jamur seperti kripik jamur kuping, kripik jamur kancing, kripik jamur tiram, dan kripik jamur merang.
 
Alamat: Jl. Magelang KM. 11 RT. 01 RW. 20, Desa Niron, Pandowoharjo, Tridadi, Kec. Sleman, Yogyakarta
Jam Operasional: 09.00 – 22.00
Telepon: (0274) 868170
Harga: Rp13.000 - Rp50.000/porsi
 
 
2. Saoto Bathok Mbah Katro
Saoto adalah kuliner Solo yang mengandalkan harmoni kuah bening dan kenyal daging sapi. Saoto ini disajikan dalam bathok (tempurung kelapa) dengan pelengkap berupa tempe goreng, sate usus, atau sate telur puyuh. Kuliner ini lebih enak dimakan sambik lesehan dalam saung, wisata kuliner dan budaya lengkap jadi satu di sini.
 
Alamat: Jalan Candi Sambisari Nomor 6, Purwomartani, Kalasan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam Operasional: 06.00 – 16.00
Telepon: 0813 9214 4526
Harga: Rp5.000/porsi
 
 
3. Entok Slenget Kang Tanir
Entok slenget, mungkin terdengar asing untuk yang baru pertama kali singgah di Jogja. Entok yang termasuk jenis itik ini bisa diracik menjadi sajian yang empuk dan menyengat di lidah (slenget). Tentunya oleh tangan dingin Kang Tanir. Jagoan deh pokoknya!
 
Alamat: Jalan Pakem – Turi, Donokerto, Turi, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam Operasional: 16.00 – 21.00
Telepon: 0818 0433 8944
Harga: Mulai Rp 16.000
 
 
4. SGPC Bu Wiryo 1959
Tempat ini selalu penuh saat akhir pekan. Tentu saja karena kelezatannya yang sudah terkenal sejak dulu. Sego pecel di sini bisa dinikmati dengan telur ceplok, aneka gorengan, serta sate telur puyuh atau sate usus. Tapi yang paling istimewa sudah pasti siraman bumbu pecelnya yang mak nyuss!
 
Alamat: Jalan Agro Nomor 10, Caturtunggal, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam Operasional: 07.00 – 21.00
Harga: Mulai dari Rp10.000
 
 
5. Kupat Gule Bang Doel
Kalau ingin mencoba kuliner khas Idul Fitri, namun untuk disantap di luar Lebaran. Kupat Gule Bang Doel bisa jadi lokasi pelepas kangen momen Lebaran potongan ketupat yang disajikan bersama pilihan gule kambing, ayam, atau sapi.
 
Alamat: Jalan Kaliurang KM 6, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam Operasional: 07.00 – 11.00
Harga: Mulai dari Rp10.000
 
 
6. Lesehan dan Pemancingan Sego Wiwit
Ingin menikmati makan siang sekaligus menyalurkan hobi? Lesehan Sego Wiwit jawabannya. Warung makan ini terletak di Desa Wisata Bedog, Gamping, Sleman. Menu spesial di tempat ini adalah Sego Wiwit. Kuliner ini terdiri dari nasi putih, ayam goreng, telur ayam, urap, sambal, ikan asin petai, dan sambal kacang.
 
Di tempat ini juga  tersedia menu-menu ikan air tawar seperti gurami, nila, dan ikan mas. Tempat yang memiliki area outdoor ini dapat menampung rombongan berisi puluhan orang. 
 
Alamat: Dusun Nambogan, Jl. Ring Road Barat, Lingkar Barat
Telepon: (0274) 3002 154 
Harga: Rp.16.500 - Rp.140.000
 
 
7. Warung Sawah Gondang Legi
Rindu dengan suasana hijau pedesaan untuk menemani santap siang Anda? Ingin bernostalgia dengan menu nasi sambal yang selalu dekat di hati? Maka Anda harus ke Warung Sawah Gondang Legi.
 
Hijaunya persawahan sekitar berpadu secara harmonis dengan desain restoran yang kental akan nuansa tradisional. Suasana asri khas pedesaan semakin terasa dalam bangunan berdekorasi lokal, sangat menunjang momen kebersamaan Anda.
 
Keramahan pelayanan di Warung Sawah pun semakin bikin jatuh cinta dengan Jogja yang selalu dirindukan. Inilah yang ditunggu-tunggu! Anda bisa memilih menu Nasi dan Sate Lilit plus Sambal Kecombrang, Bebek Krispi, tak lupa Tropical Salad dan es pencuci mulut lainnya, suegeeer!
 
Alamat: Jalan Gito Gati, Dusun Gondanglegi, Ngaglik, Sleman, D.I. Yogyakarta
Telepon: (0274) 866 407 / 869 928
Jam Operasional: 10.00 – 22.00
Harga: Rp10.000 – Rp150.000
 
 
8. Warung Kepik Sawah
Kembali ke restoran tradisional yang menonjolkan suasana kebersamaan dan keakraban, Warung Kepik Sawah bisa jadi alternatif kunjungan wisata kuliner khas Yogyakarta.
 
Dekorasi warung ini memadukan nuansa energi kawula muda yang modern dengan luhurnya budaya lokal Indonesia. Terlihat dari sambutan tulisan kapur di papan tulis dan berbagai topeng dan lukisan yang ada. Siapapun yang bertandang akan disambut dengan senyuman.
 
Suasana hangat yang klasik semakin ditunjang dengan desain interior kayu dan lampu remang-remang yang memberikan kesan dekat di hati. Areal persawahan di sekitar bangunan memang sesuai dengan nama warung ini, kental menunjang acara santap bersama handai taulan dan teman-teman.
 
Makanan dan minuman Warung Kepik Sawah tidak kalah memukau. Anda bisa mengenang masa kecil dengan minuman tempo doeloe seperti Sarsaparilla dan Soda Soemringah.
 
Makanannya? Jangan khawatir, menu yang ada di sini tentunya pas dan akrab bagi para pelancong Nusantara. Gadon, Garang Asem, dan ikan bakar siap menjadi pengiring yang mantap sepanjang acara santap di warung ini.
 
Alamat: Jalan Godean, Sidoagung, Kabupaten Sleman, D.I. Yogyakarta
Telepon: 0857 2965 2691
Jam Operasional: 08.00 – 21.00
Harga: Berkisar antara Rp5.000,- sampai Rp35.000,-
 
 
9. Pasar Banyunibo
Pasar Banyunibo merupakan salah satu destinasi digital yang dikembangkan GenPI Jogja. Kuliner di pasar ini beragam dari mulai kue hingga makanan berat tradisional. Pasar ini menempati sisi timur Candi Banyunibo yang ada di Dusun Cepit, Desa Bokoharjo, Prambanan. 
 
Untuk menikmati berbagai makanan yang ada, pengunjung harus menukarkan uang dengan koin kayu. Menu khas yang disajikan di pasar ini adalah Nasi Telang dan Pecel khas Prambanan. Pengunjung bisa menikmati kuliner ini sembari menikmati pemandangan Candi Banyunibo dan hamparan sawah. 
 
 
10. Legit Dapur Kebun
Kalau ingin mencari lokasi spesial yang pas  untuk pesta kebun, segera Legit Dapur dan Kebun. Restoran ini menyajikan menu-menu tradisional Indonesia. Beberapa makanan mulai dari jengkol, Ikan Suwir, hingga Iga dengan rasa khas yang pedas. 
 
Tak hanya makanannya, Dapur Legit juga menyediakan tempat berkumpul yang asyik. Restoran ini dipenuhi pemandangan hijau-hijau dari kebun yang sengaja ditata dengan baik. Hasil kebun di tempat ini juga digunakan dalam makanan. Arsitektur di dalam dan di luar restoran ini bisa menjadi background foto yang menarik.
 
Alamat: Jl. Sidomukti, Dusun Tiyasan, Condongcatur, Sleman
Telepon: 081514612395
Jam Operasional: 11.00 – 23.00


(Hermansyah )



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com