Di Publish Pada Tanggal : Selasa, 12 Juni 2018 03:16 WIB

Akhire Coffee Tempat "Nongkrong" Asik Orang Dewasa dan Ramah Untuk Anak-anak

Yogyakarta, HanTer - Mencari tempat "nongkrong" untuk sekedar menyeruput secangkir kopi dengan rekan sejawat mulai dari warung kopi yang mengambil lisensi dari luar negeri, hingga tempat ngopi sederhana, kini bertebaran di seluruh Indonesia.
 
Menjamurnya kedai kopi di Indonesia, bisa jadi mengindikasikan bahwa keberadaan kopi saat ini tengah populer atau sudah menjadi gaya hidup sebagian besar orang, seiiring meningkatnya industri kopi di Tanah Air.
 
Dari menjamurnya tempat ngopi yang tersebar, sangat sedikit lokasi yang ramah terhadap anak-anak, sehingga keberadaan Akhire Coffee milik penyanyi yang memiliki suara merdu Rio Febrian dan istrinya Sabria Sagita Kono yang juga aktris itu, menepis anggapan jika sebuah cafe hanya ditujukan bagi kawula muda hingga dewasa.
 
Pasalnya, Akhire Coffee selain menyediakan tempat "kongkow" untuk orang dewasa, kedai itu menyediakan sudut di mana para anak-anak bisa bermain ceria berinteraksi dengan anak kecil lainnya, tanpa menghambat orangtuanya melakukan aktifitas dengan rekan sejawatnya.
 
 
"Konsep awal cafe ini adalah kepingin buat warung kopi yang ujungnya orang datang buat menikmati makanan, minuman dan bisa ngobrol enak serta nyaman, jadi bukan hanya sekedar masuk coffee shop habis itu foto-foto, tapi di Akhire Coffee ini memiliki konsep family, tak hanya bisa dinikmati orang dewasa saja, namun ada spot bagi anak-anak untuk bermain, sehingga orang tuanya tetap bisa nongkrong dengan koleganya," tutur Sabria Kono, Senin (11/6/2018) malam di warung kopi Akhire Coffee, Palagan, Yogyakarta.
 
Nama Akhire, lanjut ibu dua anak yang namanya melejit lewat serial komedi yang tayang di televisi swasta beberapa waktu lalu itu, berdasarkan pemikiran klo seharian sudah beraktifitas seperti kerja, kuliah dan lainnya, biasanya ujung-ujungnya ngopi. "Akhire ngopi, Akhire ngopi disini, itu dasar nama kedai kopi ini," kelakar wanita mantan pembawa acara berita olahraga itu.
 
Berdirinya Akhire Coffee ini diakui Sabria hanya hitungan bulan, sejak pasangan selebritis papan atas negeri ini memutuskan untuk pindah dan menetap di Yogyakarta.
 
"Baru setahun belakangan ini kami pindah ke Yogya, tapi kurang lebih empat bulan lalu Rio berucap kalo dalam waktu dekat bisa memiliki lahan disini, dia akan membuat warung kopi. Alhamdulillah jalan itu ada, sehingga kami bergegas bangun lokasinya dan memulai bisnis ini pas diawal Ramadan tahun 2018 ini," ungkap Sabria.
 
 
"Biasanya dan banyak tempat ngopi yang lain kan hanya untuk nongkrong orang dewasa, anak kuliahan ngerjain tugas, namun dalam konsep Akhire Coffee ini kami tak menghilangkan yang sudah ada, namun kami juga membawa ornamen baru dengan market family, yakni spot bagi anak-anak, sehingga semuanya bisa terakomodir. Ternyata banyak orang tua yang berharap adanya coffee shop di mana dia bisa ngopi enak dengan teman-temannya dan anaknya bisa bermain dengan leluasa di area itu," tuturnya.
 
Pengembangan kedepannya, Sabria mengklaim jika para koleganya menanyakan apakah ada cabang Akhire Coffee di Jakarta atau daerah lainnya.
 
"Wacana kesitu memang ada, apakah kita akan membuat lagi dilokasi luar Yogyakarta atau franchise, terlebih Rio sendiri memang sangat fokus menekuni bisnis ini. Dia mulai menguasai membuat kopi segala macam, apa yang dia kerjai benar-benar dia dalami banget, sampai akhirnya dia nggak sekadar jualan, tapi hingga terjadinya passion, sehingga kami coba meracik bagaimana caranya orang yang pernah ngopi disini memiliki kesan tersendiri dari Akhire Coffee ini," terang Sabria.
 
Saat ini Akhire Coffee memang baru ada di Yogyakarta, sehingga nuansa kedai tersebut sesuai dengan apa yang dimiliki oleh Daerah Istimewa itu, seperti adanya lukisan besar didinding seperti Gunung Merapi, Keraton, Candi Borobudur, Tugu Yogya serta goresan kuas yang menjadi gambar Wayang Kulit.
 
 
"Itu memang konsep kita jika kedepannya membuka di daerah lainnya, menyuguhkan destinasi wisata daerah tersebut dalam kedai kami dan kita sebagai bangsa Indonesia wajib bersyukur memiliki warisan kekayaan alam yang luar biasa indahnya, kalau bukan kita sendiri yang mengeskplor, siapa lagi?, dan saya bangga akan hal itu, sehingga kedepannya jika kita membuka di tempat lain maka kita akan sajikan ornamen ciri khas daerah tersebut, misalkan Bali, Padang dan lainnya," ucap wanita yang akrab disapa Ria itu.
 
Di Akhire Coffee, selain menyajikan aneka ragam seduhan kopi, kedai itu juga menyedikan dessert, snack dan nasi beserta laukpauknya, ditambah fasilitas free wifi yang sangat mumpuni untuk memanjakan para pengunjung hingga last order pukul 23.00 WIB. 
 
"Ini menjadi salahsatu pilihan bagi keluarga yang ingin ngopi, hang-out di luar rumah dengan memiliki fasilitas untuk semua kalangan, baik orang dewasa maupun anak-anak," pungkas istri Rio Febrian itu yang juga fokus dalam bisnis ini selepas meninggalkan dunia entertainment yang sempat membuat namanya dikenal masyarakat luas.


(Hermansyah)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com