Di Publish Pada Tanggal : Selasa, 21 Agustus 2018 12:23 WIB

Keren, Pasar Mangrove Batam Dapat Dukungan BI

Batam, HanTer - Destinasi digital milik Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Batam, Pasar Mangrove, bakal tampil makin ciamik. Alasannya, Pasar Mangrove mendapat suntikan bantuan berupa barang senilai Rp 120 juta dari Bank Indonesia Cabang Batam.
 
Menurut Ketua GenPI Batam Nunung Sulistiyanto, bantuan tersebut akan diserahkan pada Minggu (26/8/2018) mendatang. Tepatnya berupa boat rescue, papan nama lokasi, sound system, serta pengadaan tempat sampah.
 
"Alhamdulillah Komunitas Penjelajah Alam Kepri (PARI) yang berkolaborasi denga GenPI Batam, mendapat Bantuan dari Bank Indonesia. Berupa barang senilai Rp 120 juta. Bantuan ini akan melengkapi fasilitas di Kampung Terih dan menambah fasilitas Pasar Mangrove Batam," ujar Nunung yang juga Ketua PARI, Selasa (21/8/2018).
 
Pasar Mangrove yang berada di Kampung Terih, Nongsa, Batam, awalnya merupakan hutan mangrove. Hutan tersebut nyaris tidak bermanfaat langsung bagi perekonomian masyarakat.
 
Namun, semua berubah 180 derajat. Tempat tersebut disulap menjadi destinasi kekinian yang instagramable. Ada pelataran sepanjang 200 dirindangnya hutan mangrove. Spot-spot ciamik dengan berbagai tema siap menanti disepanjang pelantaran.
 
Ada juga rumah pohon yang dibuat di ketinggian 17 meter. Tempat yang asik bersantai menikmati hutan mangrove Kampung Terih. Belum lagi sejumlah spot instagramable kreasi anak-anak GenPI Batam. Apa lagi dermaga Kampung Terih. Dermaga ini merupakan spot ciamik menikmati sunset kota Batam. Pemandangan Batam Center yang diapit batas horison dan lautan yang terbentang di bawah awan menambah syahdu suasana.
 
"Tempat selfienya banyak. Yang pasti viewnya kece. Nyesel kalau gak selfie disini. Sunsetnya paten. Matahari tenggelam di pantai dengan background Batam Center. Romantis banget pokoknya," kata Nunung.
 
Yang unik dari destinasi digital ini adalah sajian seni budaya yang rutin digelar setiap minggunya. Beragam seni budaya Melayu menjadi santapan empuk untuk dinikmati. Bahkan tanpa segan para penampil mengajak para wisatawan untuk berinteraksi. Baik itu tari-tarian, musik, maupun permainan rakyat.
 
"Jadi kami bukan hanya menawarkan spot foto. Beragam kuliner hingga seni budaya yang jarang ditemui menjadi magnet lain yang tidak kalah hebohnya. Gak percaya? Silahkan datang dan buktikan sendiri di Pasar Mangrove Batam," ujar Nunung, berpromosi.
 
Masuknya bantuan tersebut makin membuat Pasar Mangrove makin bergairah. Prospek cerah pun kini menanti di depan mata. Nunung pun berharap bantuan ini semakin memecut kreativitas untuk mengembangkan Pasar Mangrove Batam.
 
"Penambahan fasilitas semakin melengkapi destinasi yang kami buat ini. Harapannya dengan penambahan ini kami akan semakin bisa mengembangkan kreativitas. Sehingga dapat memberikan atraksi yang dapat mengundang wisatawan lebih banyak lagi. Imbasnya tentu peningkatan perekonomian masyarakat sekitar dari pariwisata," terang Nunung.
 
Acungan jempol langsung dilayangkan Menteri Pariwisata Arief Yahya terhadap Pasar Mangrove, Batam. Menurutnya bantuan ini merupakan jawaban atas performa positif kreativitas GenPI Batam.
 
"Destinasi digital ini adalah Solusi Sementara sebagai Solusi Selamanya. Seperti juga pasar-pasar GenPI lainnya, destinasi digital ala GenPI ini selalu menunjukkan tren yang positif. Bahkan beberapa destinasi digital telah menjalin kerjasama dengan pihak industri. Untuk itu target Kemenpar adalah membangun 100 destinasi digital baru di tahun 2018," kata Menpar.
 
Menpar pun kembali mengingatkan kembali untuk terus berkreasi sehingga potensi pariwisata daerah dapat terus terdongkrak. "Selalu ingat 2C, sebagai komunitas harus memiliki Creative Values dan Commercial Values. Terus berkreasi. Terus berkarya. Jangan berpuas diri sehingga seluruh potensi pariwisata di Batam dapat dimaksimalkan," kata Mantan Dirut PT Telkom tersebut.


(Hermansyah )



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com