Di Publish Pada Tanggal : Jumat, 07 September 2018 22:40 WIB

Poltekpar Makassar Antusias Gabung GenPI Kampus

Jakarta, HanTer – Tren baru sedang terjadi di kalangan laskar digital, Generasi Pesona Indonesia (GenPI). Sebab, kalangan kampus kini terlibat aktif menjadi anggota GenPI. Termasuk juga Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Makassar. 
 
Para mahasiswa ini sangat antusias. Buktinya, sudah ada sekitar 300 mahasiswa yang siap bergabung. Mereka siap mempromosikan potensi pariwisata daerahnya.
 
Antusiasnya para mahasiswa ini disampaikan Ketua Senat Mahasiswa Poltekpar Makassar Ruri Rudansy. “Poltekpar makassar sangat besar yang aktif di Sosial media. Baik Instagram, Facebook ataupun twitter. Apalagi mereka itu mahasiswa yang kuliah di juruasan pariwisata. Sehingga sedang gencar-gencarnya mempromosikan pariwisata. Poltekpar sendiri peluangnya sangat besar diperkirakan akan ada 300 orang yang sudah siap gabung GenPI,” ujar Ruri Rudansy, Jumat (7/9/2018).
 
Pria yang sedang kuliah di Jurusan Manajemen Kepariwisataan Semester tujuh itu tak asal bicara. Sebab, pelopor GenPI Sulawesi Selatan salah satunya mahasiswa Poltekpar juga. Sehingga rekan-rekan mahasiswa menyambut baik GenPI Goes to Campus.
 
“Kalo untuk gabung di GenPI, minat mahasiswa sangat antusias. Terlebih Jadi kalo membuat GenPI di lingkungan. Sekarang kami sedang sosialisasi. Hari Senin nanti, kita sudah mulai ngegass mengenalkan dan melakukan pembentukan GenPI. Terlebih kepada mahasiswa baru yang jumlahnya 600. Belum lagi mahasiswa seniornya yang sangat potensial,” ujarnya.
 
Menurut Ruri, banyak destinasi yang bisa diperkenalkan di Makassar. Yang terkenal tidak hanya wisata sejarah di Benteng Fort Rotterdam atau sunset di Pantai Losari. Nantinya, GenPI Poltekpar Makassar akan memperkenalkan destinasi-destinasi yang belum terangkat maksimal.
 
Selain itu, GenPI Poltekpar juga siap mengenalkan kuliner Makassar yang oke-oke. Mulai dari Konro, Sop saudara, Coto makassar, Pallubasa, Nasu palekko, hingga Songkolo bagadang. Karena, umumnya wisatawan yang datang ke Makassar untuk pertama kali, yang diburu adalah kuliner.
 
“Dari kue trdisional juga sangat khas, ada Jalangkote, Barongko, Pisang epe, Pallu butung Cucuru bayao. Selain enak-enak, kulinernya juga sangat insatgramable. Sebelum makan mereka pasti memposting kuliner-kuliner itu,” kata Ruri.
 
Deputi Bidang Pengembangan Industri dan Kelembagaan Kementerian Pariwisata RI Ir Rizki Handayani Mustafa, mengatakan para mahasiswa merupakan sumber energi dari bangsa dan mahasiwa poltekpar makassar semua adalah sumber energi dari pariwisata indonesia.
 
"Mahasiswa dari kampus Vokasi diberi keterampilan yg tidak diberikan di kampus akademik. Kalian dibekali oleh ilmu dan keterampil. Maka nikmatilah ilmu dan proses kuliah yg kalian dapatkan," kata Rizki.
 
Wanita yang kerap di sapa Kiki itu juga mengingatkan, para mahasiswa dan lulusan kampus pariwisata merupakan frontliner bagi pariwisata Indonesia. Sehingga, mereka harus meningkatkan kemampuan berbahasa asing. Seluruh mahasiswa juga harus aktif mencari sendiri apa mengenai informasi kejadian terkini yang ada di dunia melalu pemanfaatan internet.
 
"Kalian diharapkan bukan hanya memajukan wilayah Sulawesi Selatan tetapi juga hingga menguasai Wilayah Timur Indonesia. Jadi hayo sama-sama promosikan dengan mengehbohkan pariwisata Indonesia di online dan offline. Caranya dengan bergabung bersama GenPI," ujarnya 
 
Selain itu, lanjut Kiki, para mahasiswa dan alumni Poltekpar harus bisa menjadi entrepreneur. Khususnya, bidang Food and Bevarage agar tidak berfikir hanya menjadi pekerja namun harus menjadi pengusaha dan menghadirkan lapangan kerja. 
 
"Saya juga mengharapkan agar mahasiswa dapat dikirim untuk mengikuti kompetisi di tingkat internasional, minimal tingkat regional ASEAN," ujarnya.
 
Respon positif langsung diberikan Menpar Arief Yahya.  “Saya sering menyebutnya 2C, yaitu Creative Value dan Commercial Value. Pertama, creatif dalam mengangkat tema-tema pariwisata di media sosial, dari soal desain, angel, pemilihan kata, interaktif di medsos, sampai mengemas event. Kuncinya, harus selalu fresh dan kekinian,” tutur Arief Yahya, Menteri Pariwisata RI. 
 
Sementara poin keduanya, ada nilai komersial yang bermanfaat bagi setiap anggota komunitas maupun masyarakat sekitar. “GenPI kan punya pasar-pasar kreatif yang instagramable dan selalu booming dimana-mana. Itu ada operational return dan non operational return yang bisa dibagi ke masyarakat dan GenPI sendiri,” tambah Menpar. 
 
Nah, bagi yang tertarik gabung GenPI, silakan join. Caranya gampang dan nggak bikin ribet. Tinggal klik genpi.co. Kemudian carilah kanal "Gabung GenPI" di sisi kanan atas laman. Setelah itu isi semua formulir data secara akurat, lalu klik "Daftar Sekarang" atau "Submit".


(Hermansyah)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com