Di Publish Pada Tanggal : Senin, 01 Oktober 2018 14:30 WIB

Jadwal Padat Menanti di Festival Kerinci 2018

Jakarta, HanTer – Berbagai agenda seru telah menanti di Festival Kerinci 2018. Rencananya, rangkaian festival akan dibuka Rabu (3/10) pagi, di Panggung Utama, Danau Kerinci. Event ini akan berlangsung hingga Minggu (7/10/2018).
 
Keseruan Festival Kerinci sebenarnya telah digaungkan sejak akhir September lalu. Rangkaian kegiatan sebagai pra event, telah digulirkan. Seperti Kemah Silaturahmi Vest Mobile Community, Nahik Pamun 4 Desa Danau Kerinci, juga Kicau Mania.
 
Menteri Pariwisata Arief Yahya, memuji persiapan penyelenggara. Menteri asal Banyuwangi ini yakin Festival Kerinci akan berlangung sukses. 
 
“Sukses atau tidaknya sebuah event, bisa terlihat dari keseriusan CEO daerah. Dalam hal ini, bisa gubernur, walikota, atau bupati. Dan saya lihat keseriusan itu ada di Festival Kerinci,” papar Menpar, Senin (1/10).
 
Menurutnya, deretan pra event yang telah digelar menjadi buktinya. “Pra event digelar sebagai pemanasan sebelum event utama digelar. Agar masyarakat tertarik dengan rangkaian utama. Dan pra event ini menjadi bukti keseriusan Festival Kerinci,” papar mantan Dirut PT Telkom itu.
 
Festival Kerinci 2018 memang padat dengan kegiatan. Buktinya, setelah opening ceremony, Rabu (3/10), lomba seni budaya langsung digelar. Selain itu, akan ditampilkan atraksi dari Tim Kesenian Kota Jambi, dan Kabupaten Muaro Jambi. Ada juga Kecamatan Bukit Kerman, Kecamatan Gunung Raya, dan Kecamatan Batang Merangin.
 
Ketua Pelaksana Calendar of Event Kementerian Pariwisata, Esthy Reko Astuty, juga mengakui padatnya jadwal dalam festival ini. “Tahun ini, banyak sekali agenda yang digelar dalam Festival Kerinci. Yang pasti, pengunjung akan diberikan banyak pilihan. Dan tidak akan membosankan,” tutur Esthy yang juga Staf Ahli Menteri Bidang Multikultural Kementerian Pariwisata.
 
Sehari setelah pembukaan, giliran lomba melukis yang digelar. Sedangkan Jumat (5/10), ada Lomba Suling Kapel, serta Lomba Bakunun. “Deretan acara yang disiapkan akan seru. Jadi jangan dilewatkan. Yang menarik, setiap hari akan ada penampilan kesenian dari berbagai tim di Kerinci dan sekitarnya,” papar Esthy.
 
Sedangkan menurut Asisten Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Regional I Kementerian Pariwisata Masruroh, salah satu yang paling ditunggu dalam event ini adalah Festival 1000 Kopi Kerinci.
 
“Paling ditunggu karena kopi arabica Kerinci adalah yang terbaik di Indonesia. Kalau ingin mengikutinya, Festival 1000 Kopi Kerinci digelar Sabtu (6/10),” terang Masruroh.
 
Kegiatan lain yang tidak kalah seru adalah Lomba Numbuk 3 Alu/Antan. Dan puncak acara yang menggelar Karnaval Gunungan Sedekah Bumi. “Sudah banyak keseruan yang disiapkan penyelenggara. Jadi sayang sekali kalau rangkaian Festival Kerinci 2018 dilewatkan begitu saja,” kata Masruroh yang biasa disapa Iyung.


(Hermansyah)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com